Share

Bungkam Selandia Baru, Rusia Puncaki Klasemen Grup A Piala Konfederasi 2017

Ezha Herdanu

Minggu, 18 Juni 2017 - 00:02 wib

ST-PETERSBURG – Timnas Rusia melakoni laga perdananya di Piala Konfederasi 2017 dengan menghadapi Selandia Baru di Stadion Krestovskyi, Sabtu (17/6/2017) malam WIB. Tampil menekan, Rusia pun mampu menyudahi laga ini dengan kemenangan 2-0 atas lawannya tersebut.

Kemenangan ini pun mengantarkan Rusia memucaki klasemen sementara Grup A Piala Konfederasi 2017 dengan torehan tiga poin. Sementara laga Grup A lainnya yang mempertemukan Meksiko kontra Portugal baru bakal berlangsung pada Minggu malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Berstatus sebagai tuan rumah, Rusia langsung memainkan gaya bermain menyerang di babak pertama laga kontra Selandia Baru ini. Bahkan, mereka hampir saja unggul cepat melalui aksi dari Smolov. Namun upaya Smolov masih mampu diamankan oleh Marinovic.

Pada menit ketujuh, Rusia kembali nyaris unggul lebih dahulu atas Selandia Baru melalui upaya yang dilakukan oleh Vasin. Memanfaatkan sepak pojok dari Golovin, Vasin pun menyambutnya dengan sundulan. Sayang bola hasil sundulan Vasin masih membentur tiang gawang Selandia Baru.

Berjarak sembilan menit, Selandia Baru coba keluar dari ancaman para pemain Rusia. Mereka pun hampir saja mencuri keunggulan melalui aksi dari Wood. Akan tetapi, sepakan yang dilepaskan Wood masih mampu diamankan dengan mudah oleh Akinfeev.

Rusia akhirnya mampu membuka keunggulan mereka di pertandingan ini melalui aksi dari Glushakov pada menit ke- 31. Memanfaatkan umpan matang dari Poloz, Glushakov pun menyambutnya dengan sepakan yang gagal diamankan oleh Marinovic. Rusia 1-0 Selandia Baru.

Memasuki lima menit jelang babak pertama usai, Rusia hampir saja menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Selandia Baru. Akan tetapi upaya sundulan yang dilepaskan oleh Zhirkov masih belum menemui sasaran yang tepat.

Di pengujung babak pertama, Selandia Baru nyaris bisa menyamakan kedudukan jika sepakan yang dilepaskan oleh Wynne tak diantisipasi dengan baik oleh Akinfeev. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Rusia atas Selandia Baru masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Meski unggul satu gol di babak pertama, bukan berarti Rusia memulai paruh kedua laga kontra Selandia Baru dengan tempo permainan lambat. Mereka tetap melakukan serangkaian serangan guna mendapatkan gol kedua pada laga ini.

Pada menit ke- 58, Rusia hampir saja mendapatkan gol kedua mereka di laga ini. Memaksimalkan sepakan bebas, Golovin coba melepaskan tembakan langsung ke gawang Selandia Baru. Namun bola hasil sepakan Golovin masih mampu ditepis oleh Marinovic.

Hanya berjarak tujuh menit, Rusia kembali gagal memanfaatkan peluang emas mereka untuk menambah keunggulannya atas Selandia Baru. Kali ini giliran sepakan spekulasi dari Erokhin yang masih belum menemui sasaran yang tepat.

Pada menit ke- 70, Rusia mampu menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Selandia Baru. Kali ini giliran Smolov yang mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakannya yang memanfaatkan umpan dari Samedov tak mampu digapai oleh Marinovic.

Selandia Baru nampaknya belum menyerah untuk bisa mencetak gol ke gawang Rusia, meski sudah tertinggal dua gol di laga ini. Mereka hampir saja merealisasikan target tersebut melalui tandukan Boxall. Namun upaya Boxall itu masih mampu diamankan barisan pertahanan Rusia.

Memasuki 10 menit jelang laga berakhir, Rusia nampaknya sudah nyaman dengan keunggulan dua gol yang mereka raih atas Selandia Baru. Hal tersebut terbukti dengan lebih banyaknya para pemain Rusia memainkan bola di areanya sendiri.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada lagi gol tambahan yang dicetak oleh kedua kesebelesan. Tim tuan rumah, Rusia, mampu menyudahi laga ini dengan kemenangan 2-0 atas tamunya, Selandia Baru.

Susunan Pemain:

Rusia (3-5-2): Akinfeev; Kudryashov, Vasin, Dzhikiya; Samedov, Erokhin (Tarasov 77’), Glushakov, Golovin, Zhirkov; Smolov, Poloz (Bukharov 63’).

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Selandia Baru (4-2-3-1): Marinovic; Boxall, Smith, Durante, Wynne; Colvey (Patterson 83’), McGlinchey; Barbarouses (Tuiloma 61’), Rojas (Smeltz 71’), Thomas; Wood.

Pelatih: Anthony Hudson

Berita terkait
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62