Share

Thomas Tuchel Resmi Tinggalkan Dortmund

Rully Fauzi

Selasa, 30 Mei 2017 - 20:32 wib

DORTMUND - Dua tahun kebersamaan antara Thomas Tuchel dan Borussia Dortmund akhirnya harus berakhir. Tuchel memutuskan tak lagi melatih Die Borussen musim depan. Hal ini dikonfirmasi laman resmi klub.

"Saya berterima kasih atas dua tahun yang menyenangkan, seru, dan menegangkan ini. Sayangnya ini tidak bisa berlanjut," kata Tuchel, seperti dikutip dari Soccernet.

Rumor soal kepergian Tuchel dari Signal Iduna Park belakangan memang kencang beredar menyusul perselisihan yang terjadi antara dirinya dengan CEO Dortmund Hans Joachim Waztke, serta Direktur Olahraga Michael Zorc. Percekcokan ini kabarnya terjadi pada April 2017.

Saat itu, pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Champions Dortmund kontra Monaco harus ditunda karena adanya ledakan bom di dekat Signal Iduna Park. UEFA dan petinggi Dortmund akhirnya sepakat memundurkan waktu laga sehari, tapi hal itu nyatanya ditentang Tuchel.

Perselisihan itu diyakini makin memanas yang lantas membuat masa depannya juga kian dispekulasikan. Meski Tuchel berhasil membawa Die Borussen jadi juara DFB-Pokal akhir pekan lalu, hal itu tidak bisa menyelamatkan lagi pekerjaannya.

"Terima kasih kepada seluruh fans, skuad, staf, dan semua yang mendukung kami. Saya mendoakan yang terbaik untuk fans," ucap pria 43 tahun yang sejatinya punya kontrak hingga 2019 di Dortmund.

Belum diketahui di klub mana Tuchel akan melatih musim depan. Rumor awal yang beredar dia akan dikontrak Arsenal. Namun, hal itu tampaknya takkan terwujud menyusul diperpanjangnya kontrak Arsene Wenger untuk dua tahun ke depan.

Sementara itu, sebagai pengganti Tuchel, Dortmund kabarnya akan segera melakukan pendekatan pada pelatih kepala Nice, Lucien Favre.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0