Share
Boaz Solossa (Foto: Okezone)

Boaz Dijatuhi Sanksi, Ini Komentar Mantan Kiper Persipura

Edy Siswanto

Sabtu, 20 Mei 2017 - 08:27 wib

JAYAPURA – Pengamat Sepakbola Papua, Nico Dimo angkat bicara mengenai sanksi larangan bermain dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang diberikan kepada kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa.

Boaz rermi mendapatkan dua kali larangan bermain. Dengan hal tersebut, Dimo mengaku sangat kecewa.

“Saya sangat kecewa dengan pemberian sanksi terhadap Boaz yang mendapatkan larangan bermain selama dua kali pertandingan,” katanya kepada wartawan melalui telepon seluler Jumat 19 Mei 2017.

Mantan kiper Persipura itu mengaku siap menjadi pembela untuk pemain yang menjabat sebagai kapten Tim Nasional Indonesia itu. “Kasus tidak dimainkan Boaz tentu tidak masuk di akal. Saya siap menjadi pembela bagi Boaz, apabila ada kesempatan yang diberikan manajemen tim untuk membela Boaz yang menjadi roh dalam tim,” lanjutnya.

Nico Dimo yang juga anggota Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Papua menyatakan kurang paham dengan apa yang diberikan Komdis PSSI kepada sang kapten mutiara hitam tersebut.

“Dalam kasus Boaz sendiri sebenarnya kami kurang paham dengan apa yang diberikan oleh Komdis terhadapnya, dari sudut mana komdis menjatuhkan sanksi tersebut. Waktu melawan Persib memang itu adalah atmosfir sepakbola yang tensinya sangat tinggi,” katanya.

Menurutnya, sebagai seorang kapten Boaz wajib menjadi pembela dalam lapangan dan berhak melakukan diskusi. Sehingga Nico menganggap protes yang dilakukan Boaz tidak seharusnya dianggap sebagai protes berlebihan.

“Seoarng kapten wajib menjadi menjadi pembela dalam lapangan dan itu sesuai aturan. Dia berhak melakukan diskusi dan saya kira dia tidak melakukan protes yang berlabihan terhadap hakim garis. Dalam aturan sepakbola hak mutlak berada pada diri seorang kapten,” tegas mantan palang pintu terakhir Persipura itu.

"Kami minta Komdis untuk segera memutar ulang kejadian yang terjadi di lapangan. Sehingga semua insan sepakbola tau di mana letak kesalahan Boaz,” tambahnya.

Menurut Nico, Komdis juga seharusnya menjatuhkan hukuman kepada wasit yang tidak memimpin pertandingan dengan adil.

“Kalau kasus yang diberikan kepada pemain yang terbukti melakukan pelanggaran itu wajar, namun dengan kasusnya Boaz sangat di sayangkan, Komdis memberikan sanksi yang kurang wajar,” pungkasnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 West Bromwich Albion 6
    3 Watford 4
    4 Liverpool 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Sociedad 3
    2 Leganes 3
    3 Valencia CF 3
    4 Athletic Madrid 1
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 Napoli 3
    3 Udinese 0
    4 Bologna FC 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3