Share

Kuasai Jalannya Pertandingan, Ajax Hantam Lyon 4-1 di Amsterdam Arena

Hendry Kurniawan

Kamis, 4 Mei 2017 - 01:41 wib

AMSTERDAM – Ajax Amsterdam berhasil menang telak 4-1 atas Olympique Lyon di Amsterdam Arena dalam lanjutan babak semifinal leg pertama Liga Eropa 2016-2017. Mendominasi pertandingan sejak babak pertama, Hakim Ziyech dan kawan-kawan sukses mempecundangi tim tamu. Ajax bahkan tidak membiarkan Lyon untuk mengembangkan permainan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai dengan serangan dari tim tuan rumah, tetapi belum ada yang benar-benar mampu menekan tim tamu. Pada menit ke-12 De Ligt berhasil mencuri bola dari tengah lapangan dan melakukan overlap sebelum menembakkan bola kea rah gawang Lyon. Namun sayang sepakannya masih terlampau lemah.

Ajax berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25. Berawal dari tendangan bebas Ziyech yang mengirimkan umpan ke area penalti Lyon, Traore yang berada di depan mulut gawang Lyon berhasil memasukkan bola melalui sundulannya. Skor kini 1-0 untuk keunggulan Ajax.

Ajax kembali mencetak angka. Kali ini melalui sepakan kaki kanan Kasper Dolberg di menit 34. Memanfaatkan umpan sundulan Traore, Dolberg langsung menggiring bola ke area penalti Lyon dan tanpa ampun melesakkan bola ke gawang Lopes. Skor kini 2-0 untuk keunggulan Ajax.

Selepas gol kedua Ajax, Lyon beberapa kali melancarkan serangan melalui sisi sayap. Namun solidnya para pemain Ajax membuat tim tamu sulit mengembangkan permainan.

Menit ke-44 Ajax memiliki kesempatan emas untuk mencetak gol ketiga. Kerja sama Klaassen dan Younes di kotak penalti Lyon masih mampu dihentikan Lopes dan langsung mengamankan si kulit bundar. Babak pertama berkahir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Ajax.

Babak Kedua:

Sejak babak kedua bergulir, Ajax sudah langsung memberi tekanan. Terbukti, empat menit babak kedua berjalan, Ajax kembali mencetak gol. Kali ini melalui Amin Younes yang memanfaatkan umpan terobosan Hakim Ziyech. Bola yang ditendang Younes membentur kaki pemain Lyon dan membuat bola mengarah ke dalam gawang. Ajax kini unggul dengan skor 3-0.

Menit 57 Ajax kembali mengancam gawang Lyon. Lagi-lagi melalui Younes yang kini melesakkan tembakan keras ke arah gawang Lyon. Beruntung, sepakan keras Younes masih mampu dihalau oleh Lopes.

Masih belum puas, Ajax terus menggempur pertahanan Lyon. Menit ke-64 giliran Traore yang mendapatkan peluang emas. Menembakkan bola dari dalam kotak penalti, ternyata masih belum mampu menambah keunggulan timnya lantaran bola tembakannya masih dapat ditepis Lopes.

Lyon memperkecil keadaan di menit 66 melalui gol Matheiu Valbuena. Setelah berhasil mendapatkan bola liar di kotak penalti Ajax, Valbuena langsung menempatkan bola ke arah sudut gawang. Skor kini 3-1 untuk keunggulan Ajax.

Ajax kembali memperlebar keadaan melalui Traore di menit 71. Memanfaatkan umpan Hakim Ziyech, Traore yang berhasil lolos dari jebakan offside tanpa ampun langsung mengirm bola ke jala gawang Lyon. Skor kini 4-1 untuk keunggulan Ajax.

Masih ingin menambah gol, Ajax enggan mengendurkan serangan. Beberapa kali mereka mendapat peluang emas. Seperti yang terjadi pada menit 86, Kluivert mengirimkan bola kepada Traore yang berdiri bebas. Namun, sayang posisi Traore telah terjebak offside. Begitu pun pada menit 90+2 ketika ZIyech yang melepaskan bola dengan keras kea rah gawang Lyon masih mampu dihalau oleh Lopes.

Hingga peluit panjang berbunyi tidak ada lagi gol yang tercipta. Ajax pun menang dengan skor 4-1 atas Lyon. Dengan hasil ini Traore dan kawan-kawan berada di atas angin untuk dapat lolos ke partai puncak Liga Eropa 2016-2017.

Susunan Pemain:

Ajax Amsterdam: Onana; Tete, De Ligt, Sanchez, Riedewald; Ziyech, Klaassen, Schone (Van De Veek 71’); Traore, Dolberg (Neres 88’), Younes (Kluivert 79’)

Olympique Lyon: Lopes; Morel, Jallet (Perreira 69’), N’Koulou, Diakhaby; Tousart (Ghezzal 58’), Gonalons; Valbuena, Tolisso, Cornet (Lacazette 76’); Fekir

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62