Share

Lewati Laga Dramatis, Man United Melaju ke Semifinal Liga Eropa 2016-2017

Bagas Abdiel

Jum'at, 21 April 2017 - 04:47 wib

MANCHESTER – Manchester United berhasil melaju ke semifinal Liga Eropa 2016-2017 setelah memenangi laga dramatis kontra Anderlecht. Setan Merah berhasil menang dengan skor 2-1 di leg kedua dan membuat agregat menjadi 3-2 untuk keunggulan anak asuh Jose Mourinho.

Gol pertama Man United berhasil dicetak oleh Henrikh Mkhitaryan di menit ke-10. Sedangkan gol Anderlecht lahir dari kaki Sofiane Hanni di menit ke-32. Gol penentu Setan Merah dicetak oleh Marcus Rashford di menit ke-107.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak pertandingan babak pertama dimulai, Setan Merah mulai mengambil inisiatif serangan. Namun, kedua tim tampak bermain imbang dengan mencoba untuk menerobos pertahanan lawan.

Serangan Man United akhirnya membuahkan hasil setelah di menit ke-10, Rashford yang datang dari sisi kiri memberi umpan kepada Mkhitaryan yang berdiri kosong di tengah lapangan.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh pemain Armenia itu untuk mencetak gol. Skor pun berubah menjadi 1-0 bagi keunggulan Man United.

Usai gol tersebut, ternyata Anderlecht mencoba untuk keluar dari tekanan. Tim asal Belgia itu mulai membangun serangan untuk menerobos pertahanan Man United.

Apalagi sang pemain bertahan yakni Marcus Rojo harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Anderlecht pun menguasai pertandingan hingga pertengahan babak pertama.

Dominasi tersebut akhirnya membuahkan hasil bagi Anderlecht. Bola kemelut di depan gawang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Hanni yang mendapat umpan kecil dari Lukasz Teodorczyk.

Tendangan keras Hanni pun tak mampu dibendung Sergio Romero. Skor pun berubah menjadi imbang 1-1. Pascagol tersebut, Man United mencoba tampil garang.

Beberapa peluang terus diperoleh salah satunya melalui aksi Pgba yang beberapa kali melakukan tembakan jarak jauh ke arah gawang Anderlecht. Sayang, beberapa tembakan tersebut tak membuahkan hasil.

Hingga peluit babak pertama dibunyikan skor tetap tak berubah. Skor imbang 1-1 menutup laga babak pertama Man United vs Anderlecht.

Babak Kedua

Kick off babak kedua dimulai, Anderlecht kali ini mencoba yang lebih dulu untuk menyerang. Namun, Man United enggan terserang begitu saja. Setan Merah berbalik mendominasi pertandingan hingga mendapat peluang pertamanya di babak kedua lewat aksi Jesse Lingard.

Peluang itu dimulai dari Shaw yang datang di sisi kiri untuk melepaskan umpan ke jantung pertahanan lawan. Sayang Lingard yang tepat persis di depan gawang Anderlecht tak mampu menyentuh bola untuk memasukkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Harapan muncul bagi Man United, setelah Rashford mendapat peluang di menit 67. Tampil di depan sendirian, pemain asal Inggris sangat bebas untuk membuat gol kedua bagi Setan Merah.

Namun, tampaknya Rashford terlalu banyak berpikir hingga bola yang dengan mudah ia lesakkan ke gawang Ruben, tak urung ia tendang. Alhasil peluang tersebut menjadi sia-sia ketika ia hanya memiliki ruang tembak sempit untuk melesakkan tendangan.

Pertengahan babak kedua hingga menit akhir, Man United sangat mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali peluang berhasil mereka ciptakan untuk bisa memastikan kemenangan Setan Merah. Sementara, Anderlecht sudah persiapkan pertahanan apik untuk melanjutkan laga ke perpanjang waktu.

Peluang kembali didapat Man United. Mkhitaryan yang melesakkan tendangan pojok berhasil diterima dengan baik oleh Pogba. Sayang tembakannya dari jarak dekat melayang ke atas gawang.

Hingga peluit babak kedua di bunyikan, hasil tetap imbang 1-1. Pertandingan pun berlanjut ke perpanjangan waktu karena agregat menjadi 2-2.

Babak Tambahan Waktu

 Pertandingan babak tambahan waktu pertama dimulai, Setan Merah langsung menggempur pertahanan Anderlecht. Peluang emas didapat pengganti Pogba dengan melakukan aksi akrobatik. Sayang, sepakan kerasnya tak masih tipis dari gawang.

Pada tambahan waktu ini, tampaknya serangan dari anak asuh Jose Mourinho tak kendur. Dobrakan para pemain Man United terus dilancarkan untuk meraih kemenangan di perempatfinal ini. Peluang pun terus tercipta bagi kubu Man United.

Gempuran Man United akhirnya membuahkan hasil di babak tambahan waktu kedua. Adalah Rashford yang mampu membawa Setan Merah lewat sepakan indahnya di menit 107. Aksinya tersebut lahir dari umpan apik Marouane Fellaini di depan gawang yang diselesaikan dengan baik oleh Rashford. Skor berubah 2-1.

Hingga peluit dibunyikan tanda pertandingan berakhir, keunggulan Man United tak berubah. Setan Merah memenangkan laga tersebut dengan skor 2-1 dan maju ke semifinal dengan unggul agregat 3-2.

Susunan Pemain

MAN UNITED XI: Romero, Shaw, Rojo (Blind 22’), Bailly, Valencia, Pogba, Carrick, Lingard (Fellaini 60’), Mkhitaryan, Rashford dan Ibrahimovic (Martial 90’).

ANDERLECHT XI: Ruben, Appiah, Mbodji, Spajic, Obradovic, Tielemans, Dendoncker, Hanni (Stanciu 64’), Chipciu (Bruno 64’), Teodorczyk (Thelin 79’)dan Acheampong.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0