Share

Meski Kalah 3-2 dari Schalke, Ajax Tetap Lolos ke Babak Semifinal Liga Eropa

Ezha Herdanu

Jum'at, 21 April 2017 - 04:43 wib

GALSENKIRCHEN – Schalke 04 melakoni leg kedua babak perempatfinal Liga Eropa musim 2016-2017 dengan menjamu Ajax Amsterdam di Veltins-Arena, Jumat (21/4/2017) dini hari WIB. Tampil menyerang sejak awal, Schalke menyudahi 90 menit  waktu normal dengan kemenangan 3-2 atas Ajax.

Meski sukses meraih kemenangan, Schalke tetap gagal lolos ke babak semifinal Liga Eropa 2016-2017. Pasalnya, Schalke harus kalah 3-4 secara agregat dari Ajax. Di babak semifinal, Ajax pun sudah dinanti oleh Celta Vigo, Manchester United, dan Olympique Lyonnais.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Diharuskan mengejar ketertinggalan defisit dua gol pada leg pertama, membuat Schalke mengawali laga ini dengan langsung memberikan tekanan kepada pertahanan Ajax. Bahkan, mereka hampir saja membuka keunggulan lebih dahulu via aksi Bentaleb. Namun peluangnya masih gagal menjadi gol.

Memasuki 15 menit pertama laga ini berjalan, Schalke yang sedari tadi tampil menekan dikejutkan dengan serangan balik Ajax yang dimotori oleh Ziyech. Akan tetapi sangat disayangkan, Ziyech gagal memanfaatkan kans tersebut untuk membobol gawang Fahrmann.

Pada menit 26, Schalke hampir saja membuka keunggulan lebih dahulu dari Ajax melalui aksi dari Burgstaller. Memanfaatkan umpan silang dari Kolasinac, pemain Timnas Austria itu lalu menyambutnya dengan sundulan. Namun Onana masih mampu membaca arah bola hasil sundulan dari Burgstaller.

Memasuki lima menit jelang babak pertama usai, Schalke kembali menebar ancaman untuk gawang Ajax. Kali ini giliran Caligiuri yang hampir saja membuat publik Veltins-Arena bergemuruh melalui sepakan jarak jauhnya. Tapi bola hasil sepakan spekulasinya itu belum menemui sasaran yang tepat.

Di pengujung babak pertama, Ajax hampir saja mencuri keunggulan atas Schalke melalui aksi dari Kluivert. Namun sepakannya masih dengan mudah diamankan oleh Fahrmann. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 0-0 masih menghiasi papan skor laga antara Schalke kontra Ajax.

Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan delapan menit, Schalke sudah sukses unggul lebih dahulu dari Ajax melalui gol dari Goretzka. Memanfaatkan operan dari Burgstaller, gelandang berusia 22 tahun itu lalu melepaskan sepakan yang gagal diamankan oleh Onana. Schalke 1-0 Ajax.

Hanya berjarak dua menit dari gol Goretzka, Schalke mampu menggandakan keunggulan atas Ajax jadi 2-0. Kali ini giliran Burgstaller yang mencatatkan namanya di papan skor usai sepakan first time-nya usai memanfaatkan umpan dari Kolasinac melaju deras ke dalam gawang Ajax.

Sadar peluang lolosnya mulai terancam, membuat Ajax pun coba memberikan tekanan kepada Schalke. Bahkan mereka hampir saja bisa memperkecil kedudukan melalui sepakan spekulasi Schone dari luar kotak penalti. Sayang, sepakannya masih tak tepat sasaran.

Memasuki 15 menit jelang waktu normal berakhir, Schalke hampir saja memperbesar keunggulan mereka atas Ajax jadi 3-0. Akan tetapi hal tersebut urung terjadi, lantaran sepakan yang dilepaskan oleh Kolasinac masih dengan mudah diamankan oleh Onana.

Ajax harus menerima kenyataan bermain dengan 10 pemain di sisa pertandingan ini setelah Veltman mendapatkan kartu kungin kedua di menit 81. Hal tersebut terjadi setelah dirinya dengan sengaja membuang-buang waktu.

Hingga peluit panjang ditiupkan oleh sang pengadil lapangan, tidak ada gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Dengan begini, laga antara Schalke melawan Ajax pun berlanjut ke babak tambahan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Schalke nampaknya tidak ingin menghadapi babak adu penalti melawan Ajax di laga ini. Hal tersebut terbukti dengan tempo permainan yang tinggi di awal babak tambahan waktu pertama pada pertandingan ini.

Pada menit 99, Schalke hampir saja menambah keunggulan mereka Ajax jadi 3-0 melalui peluang emas yang didapat oleh Hunterlaar. Akan tetapi upaya yang dilakukan oleh mantan penyerang Real Madrid itu masih mudah diamakan oleh barisan belakang Ajax.

Schalke akhirnya mampu menambah keunggulan mereka jadi 3-0 atas Ajax melalui gol dari Caligiuri di menit 101. Memanfaatkan umpan silang dari Kolasinac, pemain asal Italia tersebut menyambutnya dengan sundulan yang tak mampu digapai oleh Onana.

Di pengujung babak tambahan waktu pertama, Ajax hampir saja bisa memperkecil kedudukan jadi 1-3 dari Schalke. Berawal dari sepak pojok Klaassen, Tete yang maju membantu serangan pun menyambutnya dengan sundulan. Tapi bola hasil sundulannya tak menemui sasaran yang tepat.

Pada babak tambahan kedua, Ajax yang kini tertinggal secara agregat mulai berani untuk bermain terbuka. Bahkan mereka hampir saja bisa menyamakan agregat jika saja sepakan jarak jauh Klaassen tak diamankan oleh Fahrmann.

Viergever! Akhirnya mampu membawa Ajax memperkecil kedudukan jadi 1-3 dari Schalke melalui golnya pada menit 111. Viergever menghadang sepakan Nastasic di dalam kotak penalti Schalke, yang mana membuat arah bola justru masuk ke dalam gawang Fahrmann.

Schalke pun coba memberikan respons gol Viergever dengan langsung memberikan tekanan kepada Ajax. Kubu tuan rumah hampir saja mampu menambah keunggulannya, jika sepakan Meyer tidak diamankan oleh Onana.

Alih-alih mampu menambah keunggulan, gawang Schalke justru kembali dibobol oleh pemain Ajax. Kali ini giliran Younes yang mencatatkan namanya usai sepakan mendatarnya tidak mampu dihalau oleh Fahrmann. Skor 3-2 untuk kemenangan Schalke atas Ajax pun bertahan hingga babak tambahan waktu usai.

Susunan Pemain

Schalke 04 (4-2-3-1): Fahrmann; Riether, Howedes, Nastasic, Kolasinac; Stambouli (Hunterlaar 54’), Bentaleb; Caligiuri, Goretzka (Geis 84’), Meyer; Burgstaller.

Pelatih: Markus Weinzierl

Ajax Amsterdam (4-3-3): Onana; Veltman, Sanchez, de Ligt, Viergever; Ziyech, Schone (De Beek 74’), Klaassen; Kluivert (Dolberg 61’), Traore (Tete 82’), Younes.

Pelatih: Peter Bosz

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 10
    3 Valencia CF 9
    4 Real Sociedad 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 FC Internazionale Milano 13
    2 Napoli 12
    3 Juventus 12
    4 Lazio 10
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 6
    2 FC Bayern Munich 6
    3 Hamburger SV 6
    4 Hannover 96 6