Esteban Vizcarra saat menghadapi Persib. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Bertemu di Liga 1 2017, Arema FC dan Bhayangkara FC Sama-sama Pincang

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Jum'at, 21 April 2017 - 20:01 wib

MALANG -- Duel antara Arema FC kontra Bhayangkara FC (BFC) pada Minggu 23 April 2017, diwarnai pincangnya kekuatan kedua kubu. Saat bersua di Stadion Kanjuruhan, baik tuan rumah maupun tim tamu harus kehilangan pemain muda potensial yang memperkuat Tim Nasional (Timnas) U-22.

Tiga pemain Arema FC yang terlibat di Timnas U-22 adalah Hanif Syahbandi, Bagas Adi dan Nasir. Sedangkan BFC terpaksa merelakan Evan Dimas, Putu Gede dan Dendi Sulistyawan. Namun Arema juga tak bisa menampilkan Cristian Gonzales yang sedang menjalani ibadah umrah.

Menurut Pelatih Arema FC Aji Santoso, sebenarnya kehilangan tiga pemain muda plus Cristian Gonzales merupakan kerugian bagi timnya. Namun mengingat BFC juga melepas pemain ke Timnas U-22, jadinya situasi menjadi berimbang karena kedua tim tak berkekuatan penuh.

"Kami tak bisa memainkan empat pemain dan sebenarnya itu jumlah yang banyak. Tetapi BFC juga dalam kondisi sama karena harus melepas pemain ke Timnas. Soal solusi absennya pemain pemain itu, saya sudah tidak ada persoalan lagi," jelas Aji Santoso, Jumat (21/4/2017).

Dia optimistis pemain lain yang dipersiapkan untuk mengganti peran keempatnya sudah sangat siap tempur. Apalagi tim berjuluk Singo Edan memiliki waktu recovery sekitar sepekan untuk membenahi kekuatan dan mengantisipasi pincangnya kekuatan.

Aji sendiri kurang sepakat jika timnya disebut pincang, karena dia merasa masih memiliki kekuatan yang sangat memadai untuk meraih poin absolut. "Saya yakin tidak pincang. Arema memiliki pemain yang bisa saling mengisi tugas dan itu yang membuat saya optimistis," sebutnya.

Jika melihat pertandingan sebelumnya, Arema terlihat lebih longgar dan memiliki recovery sepekan penuh sejak kontra Persib Bandung. Itu lebih bagus dibanding BFC yang hanya memiliki waktu efektif tiga hari untuk menghela nafas dan mengatur kekuatan.

Aji berharap keunggulan recovery tersebut memberikan imbas positif pada timnya dalam misi mencatat kemenangan perdana di Liga 1 musim ini. "Stamina sangat penting. Jadi saya jelas ingin Arema lebih agresif karena waktu recovery lebih lama," harapnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 81
    2 Real Madrid CF 81
    3 Athletic Madrid 71
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 84
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53