Semen Padang kalahkan Persegres. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

Dikalahkan Semen Padang 1-3, Kelelahan Jadi Alasan Persegres

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Jum'at, 21 April 2017 - 19:16 wib

GRESIK -- Ambisi Persegres Gresik United mencatat kemenangan perdana di Liga 1 2017 berakhir tragis. Anak-anak Kota Pudak yang diharapkan bisa mengalahkan Semen Padang di Stadion Petrokimia, Jumat (21/4/2017), justru menelan kekalahan dengan skor serius 1-3.

Semen Padang unggul lebih dulu via Vendry Mofu menit 27' yang disamakan oleh Patrick Da Silva pada menit 38'. Di interval kedua Persegres mengalami penurunan dan harus menelan dua gol Semen Padang via Vendry Mofu menit 64' dan Irsyad Maulana menit 83'.

Tuan rumah menerima kekalahan tersebut dengan alasan ara pemain kelelahan setelah menjalani laga di Papua. Sepulang dari Jayapura, anak asuh Hanafi hanya istirahat efektif sehari sebelum melakoni duel menjamu Kabau Sirah.

"Jelas anak-anak mengalami kelelahan. Tim tidak sanggup bermain konsisten selama 90 menit dan stamina mereka menurun di babak kedua. Kami sudah mempersiapkan tim dengan baik secara teknis, tapi kondisi kebugaran tidak bisa dibohongi," ungkap Hanafi selepas laga.

Dia juga menyebut gol-gol yang meluncur ke gawang timnya disebabkan pecahnya konsentrasi pemain. Pada babak pertama Persegres memang mampu bermain bagus dan bisa membalas gol. "Permainan di babak pertama dan kedua sangat berbeda," sebutnya.

Sementara, pelatih Semen Padang Nil Maizar gembira dengan kemenangan timnya dan menyebut itu hasil kerja keras seluruh tim. Eks pelatih tim nasional ini mengakui pada babak pertama timnya kesulitan menghadapi Persegres dan sempat kecolongan meski unggul lebih dulu.

Namun situasi berbeda di paruh kedua. "Setelah babak pertama kami tidak ingin menurun, tapi justru harus meningkat. Ternyata itu berhasil dan saya mengapresiasi kerja keras tim. Kemenangan ini patut disyukuri dan wajib dilanjutkan di pertandingan berikutnya," ujar Nil Maizar.

Vendry Mofu tampil sangat menonjol sore itu. Dua gol serta pergerakannya sangat membahayakan bagi pertahanan tuan rumah. Meski bergerak dari lini kedua, tusukannya terbukti menjadi solusi bagi Semen Padang yang kini mengemas empat poin dari dua laga.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 81
    2 Real Madrid CF 81
    3 Athletic Madrid 71
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 84
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53