Soccer Time: 5 Keputusan Kontroversial Wasit di Laga Real Madrid vs Bayern Munich

Reza Saputra

Kamis, 20 April 2017 - 17:14 wib

REAL Madrid berhasil memastikan diri lolos ke semifinal Liga Champions 2016-2017. Tim asuhan Zinedine Zidane itu sukses menyingkirkan raksasa Liga Jerman, Bayern Munich, dengan agregat 6-3. Sayang, lolosnya Madrid mendapat protes keras terutama dari kubu Die Roten –julukan Bayern.

Pasalnya, Madrid seolah dibantu oleh wasit pada pertandingan leg II yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Rabu 19 April 2017 dini hari WIB. Setidaknya ada lima keputusan kontroversial wasit yang berdampak buruk bagi Bayern.

Berikut lima keputusan kontroversial wasit di laga Real Madrid vs Bayern Munich seperti dilansir Sportskeeda, Kamis (20/4/2017).

1. Offside Robert Lewandowski

Keputusan kontroversial pertama yang dilakukan wasit terjadi di menit 60. Saat itu, Robert Lewandowski berlari untuk menerima umpan terobosan yang diberikan Jerome Boateng. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Keylor Navas, hakim garis justru mengangkat bendera tanda Lewandowski terperangkap offside.

Tidak terima dengan keputusan tersebut, pemain berpaspor Polandia itu melakukan protes, karena di sisi kiri memang ada Marcelo yang terlambat untuk naik. Dari rekaman ulang juga menunjukkan kalau Lewandowski berada di belakang Marcelo saat Boateng memberikan umpan.

2. Wasit Tidak Memberikan Kartu Kuning Kedua untuk Casemiro

Madrid seharusnya bermain dengan 10 orang di pertengahan babak kedua setelah Casemiro melakukan pelanggaran kepada Arjen Robben. Casemiro yang saat itu sudah mengantongi satu kartu kuning melakukan pelanggaran dengan menjegal lutut Robben. Namun saat itu, wasit sama sekali tidak memberikan kartu untuk Casemiro.

3. Kartu Merah Arturo Vidal

Pertandingan sisa enam menit di waktu normal, Bayern yang tengah berjuang mencetak gol ketiga mendapat serangan balik melalui Marco Asensio yang menyisir sisi lapangan. Arturo Vidal yang mengejar melayangkan tekel dari samping yang mengenai bola.

Namun wasit saat itu justru menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Tidak hanya itu, Vidal bahkan dihadiahi kartu kuning kedua yang artinya ia harus keluar lapangan lebih awal.

4. Ronaldo Mencetak Gol dari Posisi Offside

Karena skor 2-1 bertahan hingga waktu normal, pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan. Di sini lagi-lagi wasit membut keputusan kontroversial yang sangat merugikan tim tamu. Saat itu, wasit mengesahkan gol yang dicetak Cristiano Ronaldo di menit 104. Padahal, CR7 jelas-jelas berada di posisi offside sebelum menerima umpan lambung dari Sergio Ramos.

5. Gol Ketiga Cristiano Ronaldo

Ronaldo yang saat itu sudah mencetak dua gol nyatanya masih belum puas. Ia akhirnya sukses mencetak gol ketiganya pada pertandingan tersebut di menit 109 setelah memanfaatkan umpan tarik Marcelo.

Namun sekali lagi, wasit mengesahkan gol Ronaldo meski sang pemain sudah berada di posisi offside. Saat itu, Marcelo yang berhasil melewati tiga pemain Bayern tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer. Namun, ia memutuskan untuk memberikan bola kepada Ronaldo yang berdiri bebas dan langsung menyontek bola ke gawang tim tamu.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 75
    2 Tottenham Hotspur FC 71
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 64
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 75
    2 Real Madrid CF 75
    3 Sevilla 65
    4 Villarreal 57
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 72
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53