Share
Persegres (kanan) tak gentar hadapi Semen Padang. (Foto: ANTARA/Risyal Hidayat)

Hadapi Semen Padang, Pelatih Persegres Tak Gentar

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Kamis, 20 April 2017 - 21:05 wib

GRESIK -- Setelah mampu menahan imbang Persipura Jayapura di laga sebelumnya, Persegres Gresik United merasa bisa mendapatkan hasil lebih baik ketika menjamu Semen Padang, Jumat 21 April 2017. Mumpung menjadi tuan rumah, Persegres ingin mendulang tiga poin perdana musim ini.

Tim berjuluk Laskar Jaka Samudera tidak peduli meskipun kekuatan Semen Padang lebih diunggulkan di laga nanti. Pelatih Persegres Hanafi menyebut timnya memiliki kekuatan memadai untuk menghadapi tim-tim dengan kualitas di atasnya.

Pada pertandingan ini Persegres tak akan bisa memainkan empat peman mudanya. Arsyad Yusgiantoro dan Satria Tama harus memperkuat Tim Nasional U-22, sedangkan dua pemain lain absen dengan alasan berbeda yakni Herwin Tri Saputra dan Ahmad Said.

"Empat pemain tidak bisa tampil, tetapi saya sudah menyiapkan kekuatan dan tidak ada masalah sama sekali. Menghadapi tim seperti Semen Padang, kami harus bermain sebaik mungkin, tentunya dengan strategi yang cocok untuk memanfaatkan kelemahan lawan," jelas Hanafi.

Dia ingin timnya menaikkan level performa meski sudah mampu menahan imbang Persipura Jayapura 1-1. Berstatus sebagai tuan rumah bakal dimanfaatkan tim kuning untuk mendongkrak motivasi, tentunya dengan penampilan yang lebih beringas.

Eks pelatih Perseru Serui ini sudah mempelajari kekuatan Semen Padang dan melihat ada celah yang bisa dimanfaatkan timnya. "Semen Padang tim yang tangguh. Tapi dari pengamatan saya, mereka punya kelemahan yang nanti akan kami manfaatkan," tambahnya.

Hanafi sangat bernafsu memenangi laga karena timnya menjalani laga super berat di awal Liga 1. Setelah sukses menahan Persipura di Jayapura, lawan yang sudah menunggu adalah Semen Padang, Pusamania Borneo FC dan Persib Bandung. Setidaknya Persegres harus bisa mengoptimalkan laga home.

Di kubu seberang, Semen Padang mencanangkan ambisi meraih poin dari Stadion Petrokimia. Pelatih Nil Maizar mengatakan timnya minimal harus bisa meraih satu angka, tetapi jika memungkinkan akan mencoba untuk mendapatkan angka penuh.

Disebutnya duel di Kota Pudak tidak akan berlangsung mudah. Persegres yang disebutnya sebagai Kuda Hitam, tengah dalam situasi positif setelah meraih angka di Jayapura. Meski tak punya pemain bintang, Nil mengatakan Persegres saat ini punya konfidensi yang bagus.

"Persegres bukan tim lemah. Tidak bisa diukur dari materi pemain bahwa mereka tak punya pemain bintang. Nyatanya Persegres bisa menahan Persipura dan itu wajib menjadi perhatian bagi Semen Padang. Saya respek pada kekuatan Persegres," kata Nil Maizar, Kamis (20/4/2017).

Meski begitu, Nil ingin pemainnya konsentrasi penuh untuk mendapatkan angka. Dia tidak ingin kedatangan jauh-jauh ke pesisir utara Jawa Timur hanya berujung tangan hampa. Menurutnya tim sudah menyiapkan skenario yang akan dijalankan saat pertandingan.

"Strategi sudah siap, pemain juga sudah siap. Tinggal melihat bagaimana nanti kami bermain di stadion. Saya harapkan semua sesuai dengan rencana. Persegres saya perkirakan tidak akan bermain bertahan, oleh karena itu kami harus mengimbangi permainan dengan memberikan tekanan," pungkas Nil.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62