Herkis ingin bawa Persela raih kemenangan. (Foto: Oris/Okezone)

Hadapi MU di Liga 1 2017, Persela Incar Tiga Poin

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Kamis, 20 April 2017 - 18:05 wib

LAMONGAN -- Persela Lamongan menghadapi tantangan tak ringan di pekan kedua Liga 1 2017. Menjamu Madura United (MU) FC di Stadion Surajaya, Lamongan, Persela dituntut harus menang sebagai pengobat kekecewaan setelah kalah di laga perdana lalu.

Misi tersebut tidak mudah karena MU memiliki modal cukup bagus jelang pertarungan di Kota Soto. Selain materi pemain yang lebih bagus dibanding tuan rumah, MU juga dalam situasi mental bagus setelah mengemas tiga angka di pertandingan sebelumnya.

Pelatih Persela Herry Kiswanto tak menampik ujian bagi timnya sama beratnya dengan lawan PSM Makassar lalu. Dia menilai MU memiliki potensi untuk menyulitkan timnya, meski Persela bertatus tuan rumah. Tetapi dia menyebut hanya kemenangan yang bisa mengobati kecewa timnya.

"Ini pertandingan kandang, rasanya tidak bijaksana kalau kami tidak memasang target tinggi. Saya sebagai pelatih jelas ingin kemenangan, karena sebelumnya sudah kalah di Makassar. Saya rasa target itu masih sangat masuk akal," sebut Herkis, sapaan akrabnya.

Herkis sendiri terus membenahi lini belakang yang kecolongan tiga gol di Makassar. Apalagi penyerang milik MU yang akan dihadapi bentengnya sangat berbahaya, sebut saja nama Greg Nwokolo, Peter Odemwingie, Bayu Gatra, hingga Engelberd Sani.

Persela tidak akan bisa memainkan bek tengah Aang Suparman yang terkena skorsing kartu merah. Sedangkan dua pemain muda, Saddil Ramdani dan Nur Hardianto sudah dipastikan absen karena mengikuti pemusatan latihan tim nasional U-22.

"Soal strategi, saya mempersiapkan Persela bermain normal dan cenderung menyerang. Kami harus bisa membuat banyak kesempatan untuk mencetak gol. Saya tidak ingin Madura United menguasai permainan karena itu akan sulit bagi anak-anak untuk berkembang," tandasnya.

Sementara, MU datang ke Lamongan masih tanpa kiper senior Herry Prasetyo dan striker Freddy Isir karena masih belum pulih 100%. Sebelumnya kedua pemain itu diperkirakan sudan bisa dimainkan lawan Persela, tetapi nyatanya tidak tercantum dalam rombongan tim.

Sape Kerap berkekuatan 20 pemain dan sudah menuju Lamongan pada Kamis (20/4). Kekuatan yang dibawa pelatih Gomes De Oliviera masih nyaris sama dengan kekuatan di laga sebelumnya, kecuali Rizky Febrianto yang masih harus istirahat karena cedera engkel.

Menyoal misi timnya di laga nanti, Gomes dengan mantap mengatakan ingin meneruskan catatan positif di Liga 1. Jika tim tamu biasanya hanya menargetkan mencuri poin, pelatih asal Brasil ini menyebut kemenangan sebagai sebagai tujuan timnya datang ke Lamongan.

Meski begitu dia mengingatkan agar tidak meremehkan kekuatan Persela yang terjungkal di laga perdana. Gomes meyakini Persela akan membawa motivasi berlipat untuk membalikkan situasi, apalagi mereka bakal bermain di depan supporter fanatiknya.

"Saya sangat mengenal situasi di Stadion Surajaya. Persela akan sangat ngotot dan bersemangat saat bermain di depan supporternya. Madura United tidak boleh kalah motivasi dan harus memiliki daya juang lebih tinggi," ucap Gomes yang beberapa musim lalu pernah melatih Persela.

Untuk susunan pemain, Gomes belum mengubak secara gamblang. Hanya saya dia memastikan timnya tetap memasang formasi ofensif 4-3-3 yang selama ini dijalankan dengan baik oleh pemain. Toh, formasi tersebut bisa bertransformasi sesuai kebutuhan atau bisa lebih bertahan.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62