Juan Pablo Pino

Adaptasi Main di Indonesia, Juan Pablo Pino Butuh Panduan

Kukuh Setiawan

Kamis, 20 April 2017 - 04:32 wib

MALANG - Bermain di negara dengan atmosfir sepak bola yang serba baru, membuat Juan Pablo Pino dituntut untuk bekerja lebih keras. Bukan saja menjawab ekspektasi publik, pemain bintang Arema FC ini juga wajib beradaptasi dengan lingkungan.

Masalah bahasa mungkin menjadi kendala terbesar, karena Pino sama sekali belum bisa bahasa Indonesia. Bahasa jelas sangat penting untuk mencerna taktik dan strategi dari pelatih, sekaligus berkomunikasi dengan rekan setim yang rata-rata berbahasa Indonesia.

Beruntung di Arema ada beberapa pemain asal Amerika Latin yang bisa menjadi penerjemah bagi Pino. Esteban Vizcarra dan Arthur Cunha adalah pemain yang bisa berbahasa Spanyol dengan baik dan untuk sementara mereka didaulat menjadi penerjemah Pino yang belum bisa berbahasa Indonesia.

Esteban Vizcarra pun tidak keberatan menjadi pemandu bagi Pino agar bisa secepatnya beradaptasi dengan Singo Edan. "Saya akan mencoba menjadi penerjemah bagi Pino. Arthur (Cunha) juga bisa. Jadi saya berharap Pino bisa secepatnya bisa berkomunikasi dengan baik," ujar Esteban.

Pemain Argentina ini memahami bahwa pemain yang baru datang ke Indonesia selalu terkendala dengan bahasa. Itu juga pernah ia rasakan ketika baru pertama datang ke negeri ini. Oleh karena itulah Esteban dengan rela mau membantu Pino agar bisa secepatnya beradaptasi.

Melalui Vizcarra juga, Pino mengatakan dia sangat terkesan dengan supporter Aremania sekaligus atmosfir sepak bola di Malang. Dia berjanji akan bekerja keras dalam proses adaptasi, agar performanya bisa menjawab ekspektasi Aremania.

"Saya senang bisa bergabung Arema, supporter bagus, banyak pemain bagus pula. Saya akan berusaha berkomunikasi dengan siapa saja, walau masih ada kendala bahasa. Sedikit demi sedikit saya akan belajar bahasa Indonesia agar lebih mudah berkomunikasi," ungkap Pino.

Pemain asal Kolombia ini juga mengaku sudah siap bermain, kapan saja pelatih memainkannya di pertandingan Liga 1. "Saya dalam kondisi bagus dan siap bermain kapan saja. Tidak sabar untuk bermain di Arema dan semoga saya bisa langsung tampil bagus," tandasnya

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 75
    2 Tottenham Hotspur FC 71
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 64
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 75
    2 FC Barcelona 71
    3 Athletic Madrid 65
    4 Sevilla 62
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 80
    2 AS Roma 72
    3 Napoli 70
    4 Lazio 61
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53