Soccer Time: 5 Alasan Cristiano Ronaldo Layak Disebut Pesepakbola Terbaik Sepanjang Masa

Ezha Herdanu

Rabu, 19 April 2017 - 16:49 wib

CRISTIANO Ronaldo kembali menjadi pahlawan untuk klub yang saat ini dibelanya, yakni Real Madrid, dalam laga leg kedua babak perempatfinal Liga Champions musim 2016-2017. Torehan hattrick-nya mengantarkan Los Merengues menang 4-2 atas Bayern Munich pada laga dini hari tadi WIB.

Hal tersebut pun kian menasbihkan Ronaldo sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Situasi tersebut didukung dengan setidaknya lima fakta yang hadir dalam permainan Ronaldo dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut lima alasan Ronaldo layak disebut sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa:

1. Konsistensi Ronaldo mencetak banyak gol

Ronaldo memang memiliki posisi asli sebagai seorang winger, namun hal tersebut tak membuatnya kesulitan untuk mencetak banyak gol dalam kariernya. Tercatat selama tujuh musim berada di Madrid, Ronaldo telah menyumbangkan 395 gol. Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang mencetak 100 gol di ajang Liga Champions.

2. Sukses bersama klub ataupun Timnas

Tidak banyak pemain yang mampu meraih kesuksesan di level klub dan Timnas, namun Ronaldo mampu melakukannya. Ketika Ronaldo memperkuat Manchester United, ia membawa klubnya itu meraih satu gelar Liga Champions, empat titel Liga Inggris, satu Piala FA, dua Piala Liga dan satu Piala Dunia antarklub.

Sementara di Real Madrid, Ronaldo sukses memberikan dua gelar Liga Champions, dua gelar Copa del Rey, satu titel Liga Spanyol, dan dua Piala Dunia antarklub. Di Timnas Portugal, Ronaldo mampu membawa negaranya tersebut jadi juara di gelaran Piala Eropa 2016.

3. Sukses menjawab tekanan nilai transfer mahalnya

Banyak sejumlah klub yang menyesal pernah membelanjakan uangnya untuk seorang pemain. Akan tetapi situasi tersebut nampaknya tak dialami oleh Real Madrid. Ya, Madrid memang harus mengeluarkan dana sebesar 94 juta euro atau sekira Rp1.3 triliun untuk mendapatkan Ronaldo dari Man United di musim panas 2009.

Akan tetapi dilihat dengan performanya luar biasanya selama berada di Estadio Santiago Bernabeu, dan keuntungan yang didapat dari penjualan bertuliskan nama Ronaldo, nilai Rp1.3 triliun nampaknya terlalu murah untuk seorang Ronaldo.

4. Pemain dengan ambisi untuk selalu jadi nomor satu

Ronaldo mengajarkan kepada setiap orang untuk bisa memiliki kemampuan hebat melalui latihan keras. Ia juga memiliki ideologi untuk tak ingin kalah dari siapapun. Memang terdengar sedikit arogan. Akan tetapi dengan begitu, Ronaldo menunjukkan kepada semua orang untuk bisa menjaga sikap optimis dalam situasi sesulit apapun.

5. Pemain dengan kemampuan paling lengkap di dunia

Seperti layaknya Lionel Messi yang kerap disebut sebagai penyihir dalam sepakbola, Ronaldo pun memiliki kehebatan yang serupa. Ronaldo juga memiliki kejeniusannya membaca permainan, menepatkan posisi, hingga pergerakan tanpa bola.

Namun hal yang membeda Ronaldo dengan Messi adalah, mantan Timnas Portugal tersebut unggul dalam duel udara dan juga hebat dalam memanfaatkan bola-bola hati untuk menjadi sebuah gol.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 75
    2 Tottenham Hotspur FC 71
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 64
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 75
    2 FC Barcelona 71
    3 Athletic Madrid 65
    4 Sevilla 62
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 80
    2 AS Roma 72
    3 Napoli 70
    4 Lazio 61
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53