KITAS Essien belum selesai. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

11 Klub Liga 1 Belum Selesaikan KITAS Pemain Asing

ant

Rabu, 19 April 2017 - 17:01 wib

JAKARTA - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyebut 11 klub sepak bola dalam Liga 1 2017 yang belum menyelesaikan persyaratan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

"Sebenarnya ada klub yang belum memenuhi kewajiban KITAS itu bukan hanya Persib Bandung saja. Ada 10 klub lain yang juga belum mengurus KITAS para pemain asingnya," kata Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho di Jakarta.

Sebanyak 11 klub sepakbola Liga 1 yang belum mengurus KITAS yaitu Bali United, Pusamania Borneo, Persiba Balikpapan, PS TNI, PSM Makassar, Persib Bandung, Mitra Kukar, Barito Putera, Madura United, Persela Lamongan, dan Persija Jakarta.

"Kami sementara belum dapat menyebutkan nama-nama pemain yang belum memenuhi persyaratan KITAS. Tapi, kami berharap Ditjen Imigrasi dapat langsung menghubungi klub-klub itu sekaligus operatornya yaitu PT Liga Indonesia Baru," kata Heru tentang 25 pemain asing yang belum memiliki KITAS dari 11 klub itu.

Heru mengatakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menggelar pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru, perwakilan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait persoalan KITAS pemain-pemain asing di Kantor PSSI di Jakarta, pada Jumat 21 April 2017/

"Selama belum ada penjelasan resmi dari PT Liga Indonesia Baru dan Kemenakertrans, BOPI masih tetap pada pendiriannya yaitu pemain tanpa KITAS tidak boleh diturunkan," katanya.

BOPI, lanjut Heru, tidak berwenang untuk mengizinkan pemain asing tanpa KITAS untuk berlaga dalam Liga 1. "Seandainya tetap diizinkan, kebijakan itu ada pada Kemenakertrans dan itu sudah disepakati," katanya.

BOPI telah mengirim surat kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait para pemain asing dalam Liga 1 yang belum mempunyai KITAS.

Heru mengharapkan tindakan tegas dari Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM terkait pemain-pemain asing sepak bola yang belum memiliki izin tinggal.

"Saya menduga akan ada negosiasi antara operator ataupun klub dengan pihak imigrasi. Jika kami punya wewenang, kami akan mendeportasi para pemain yang tidak punya KITAS karena mereka melanggar aturan negara," kata Heru.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62