Sempat Kesulitan, Arsenal Akhirnya Tumbangkan Middlesbrough 2-1 di Riverside Stadium

Leonardus Selwyn Kangsaputra

Selasa, 18 April 2017 - 04:18 wib

MIDDLESBROUGH – Arsenal sukses mengalahkan Middlesbrough dengan skor 2-1 di Riverside Stadium dalam lanjutan Liga Inggris 2016-2017 pekan 33, Selasa (18/4/2017) dini hari WIB. Arsenal sejatinya sempat dibuat kesulitan oleh tuan rumah, namun akhirnya sukses mengamankan poin penuh setelah Mesut Ozil membuat gol kemenangan. The Gunners pun kembali ke peringkat lima klasemen sementara.

Gol pertama untuk Arsenal terjadi ketika Alexis Sanchez mencoba peruntungan melalui tendangan bebasnya yang langsung diarahkan menuju gawang Brad Guzan. Gol yang dicetak mantan pemain Barcelona tersebut sukses membawa unggul Arsenal dengan skor 1-0 di akhir-akhir babak pertama.

Tertinggal satu gol, membuat Middlesbrough semakin meningkatkan tensi permainannya. Alhasil satu gol penyama kedudukan berhasil dibuat anak didik Steve Agnew via Alvaro Negredo di menit 50. Meski demikian Arsenal tidak tinggal diam, gol yang diciptakan Mesut Ozil di menit 71 sukses membawa Arsenal mengamankan raihan poin penuh

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Arsenal tampil agresif sejak peluit dimulainya pertandingan dibunyikan wasit. Namun, serangan yang dilancarkan Olivier Giroud dan kawan-kawan berhasil diredam oleh para pemain belakang Middlesbrough.

Hingga 20 menit permainan, anak didik Arsene Wenger tersebut masih mencari celah untuk melakukan serangan menuju lini pertahanan The Boro –julukan Middlesborough- namun usaha mereka masih sia-sia. Tak ada satu pun umpan yang mampu dikonversi menjadi sebuah gol.

Kemelut masih terjadi di dalam lapangan. Kedua tim masih berusaha melakukan serangan guna mengonversi umpan menjadi gol. Tampak Arsenal masih belum menemukan tempo permainan yang pas untuk menjebol lini pertahanan Middlesbrough.

Arsenal akhirnya sukses memecah kebuntuan pada menit 42. Mencoba peruntungan memanfaatkan tendangan bebas yang diarahkan Alexis Sanchez langsung menuju jala gawang Middlesbrough. Guzan yang terkejut hanya mampu terkesima melihat laju si kulit bundar. Skor 1-0 untuk Arsenal bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

GOOLL!!! Lima menit merumput tepatnya pada menit 50, Middlesbrough berhasil mengejar ketertinggalan satu gol atas Arsenal. Memanfaatkan umpan yang diberikan Stewart Downing, dengan sigap Alvaro Negredo langsung menyambar si kulit bundar ke arah gawang Petr Cech.

Arsenal tampaknya membayar kesalahan mereka dengan kembali mencetak gol pada menit 71. Memanfaatkan umpan yang dilepaskan Aaron Ramsey, Mesut Ozil langsung melepaskan tendangan keras menggunakan kaki kanannya. Arsenal unggul sementara dengan skor 2-1.

Perebutan bola masih terus berlanjut dalam 20 menit menjelang akhir pertandingan. Meski demikian, kedua tim masih belum mampu memanfaatkan peluang emas menjadi tambahan gol. Middlesbrough semakin terdesak dengan tekanan yang dilancarkan anak didik Arsene Wenger.

Menit 83, Olivier Giroud mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan superkeras menggunakan kaki kirinya. Namun sayang,  tembakannya masih melambung tinggi di atas jala gawang Guzan.

Hingga berakhirnya pertandingan kedudukan kedua tim masih belum berubah. Arsenal sukses menumbangkan Middlesbrough dengan skor 2-1 dalam pertandingan sengit di Riverside Stadium.

Susunan Pemain:

Middlesbrough: Guzan; Fabio, Ayala, Barragan, Gibson; Downing, de Roon, Clayton; Leadbitter, Ramirez, Negredo.

Cadangan: Konstantopoulos; Espinosa, Friend; Forshaw, Traore; Bamford, Gestede.

Arsenal: Cech; Monreal, Paulista, Koscielny, Holding; Ozil, Chamberlain, Ramsey; Xhaka, Sanchez, Giroud.

Cadangan: Martinez; Bellerin, Gibbs; Conquelin, Elneny, Walcott, Iwobi.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 78
    2 Real Madrid CF 78
    3 Athletic Madrid 68
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53