Gol Telat Dendoncker Buyarkan Kemenangan Man United di Brussels

Rully Fauzi

Jum'at, 14 April 2017 - 04:17 wib

BRUSSELS - Manchester United gagal mengamankan kemenangan atas wakil Belgia Anderlecht, pada laga leg pertama perempatfinal Liga Eropa 2016-2017 di Constant Vanden Stock Stadium, Jumat (14/4/2017) dini hari WIB.

Man United unggul 1-0 setelah Henrikh Mkhitaryan mencetak gol di menit 37. Sayang, gol Leander Dendoncker lima menit jelang bubaran membuyarkan kemenangan Setan Merah yang sudah di depan mata.

Meski demikian, Man United tentu tetap difavoritkan lolos ke babak empat besar karena telah mengantongi satu gol tandang. Leg kedua sendiri akan digelar di Old Trafford pekan depan.

Jalannya Laga

Babak Pertama

Pada awal-awal laga, tim tuan rumah sejatinya mampu beberapa kali melancarkan serangan-serangan yang cukup berbahaya ke lini pertahanan dari Man United.

Namun, setelah 15 menit pertama, Man United praktis menguasai penuh laga, ditandai dengan dominasi duet Michael Carrick-Paul Pogba di lini vital. Namun, meski menguasai ball possession, Setan Merah kerap kesulitan menembus pertahanan Anderlecht yang mulai menumpuk banyak pemain di belakang.

Buah kesabaran dari Man United akhirnya berhasil mereka petik tepatnya saat laga memasuki menit ke-37. Adalah winger Armenia, Mkhitaryan yang sukses memberikan gol untuk Manchester Merah.

Crossing mendatar Antonio Valencia dari sisi kanan disambut sepakan first time Marcus Rashford. Bola berhasil di-tip kiper Anderlecht, namun bola muntah dimanfaatkan Mkhitaryan. Sontekannya ke gawang yang sudah kosong membawa Man United unggul 1-0.

Usai gol dari pemain bernomor punggung 22 tersebut, Man United terus mendominasi jalannya pertandingan. Sayangnya, hingga paruh pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang mampu diciptakan.

Babak Kedua

Jalannya laga di awal-awal babak kedua tak jauh berbeda dengan babak pertama. Namun, kali ini Anderlecht kian berani melancarkan serangan demi serangan. Namun, sayangnya Youri Tielemans dan kolega belum mampu benar-benar memberikan ancaman berarti.

Demikian pula dengan Man United, ketika di pertengahan babak kedua mereka mampu kembali mengendalikan permainan, namun armada Jose Mourinho tak dapat mencetak gol karena rapatnya dinding pertahanan yang dibangun Anderlecht.

Memasuki menit-menit akhir laga, lini pertahanan Man United lengah. Situasi ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh gelandang Anderlecht, Leander Dendoncker di menit ke-85.

Ivan Obradovic melakukan penetrasi dari sisi kiri dan melepas crossing brilian ke mulut gawang Man United. Dendoncker yang merangsek masuk ke kotak 16 lantas mampu memenangkan duel udara dengan Matteo Darmian. Tandukan keras sang gelandang sukses merobek jala gawang Man United kawalan Sergio Romero.

Gol dari Dendoncker seakan membuat pertandingan menjadi lebih hidup. Baik Anderlecht maupun Man United lantas sama-sama tampil ngotot untuk mendapatkan gol kemenangan. Sayang, kedua tim gagal menambah gol. Laga pun berakhir imbang 1-1.

Berikut susunan pemain kedua tim:

ANDERLECHT XI: Rubén; Appiah, Mbodji, Nuytinck, Obradovic; Tielemans, Dendoncker, Stanciu/Hanni; Bruno/Chipciu, Kiese-Thelin/Teodorczyk, Acheampong.

MAN UNITED XI: Romero; Valencia, Bailly, Rojo, Darmian; Carrick, Pogba; Mkhitaryan/Fosu-Mensah, Lingard/Martial, Rashford/Fellaini; Ibrahimovic.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 78
    2 Real Madrid CF 78
    3 Athletic Madrid 68
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53