Figo saat masih memperkuat Barcelona. (Foto: AFP/Phillipe Desmazes)

Pemain yang Pernah Membela Real Madrid dan Barcelona

Ramdani Bur

Jum'at, 14 April 2017 - 22:05 wib

DARI sekian banyak pemain yang pernah membela Real Madrid dan Barcelona, Luis Figo adalah salah satunya. Mantan pesepakbola yang kini berusia 44 tahun membela Barcelona dalam kurun 1995-2000.

Dalam periode itu, Figo yang biasa beroperasi sebagai winger kiri mengemas 36 gol dan 3 assist dari 186 penampilan bareng Blaugrana –julukan Barcelona. Bahkan ia juga sanggup mempersembahkan dua trofi Liga Spanyol, Copa del Rey serta masing-masing satu trofi Piala Super Eropa dan Piala Winner bagi publik Estadio Camp Nou.

Performa memikat itu membuat Los Blancos –julukan Madrid– tertarik merekrutnya pada musim panas 2000. Uang 60 juta euro atau saat ini setara dengan Rp847 miliar dikeluarkan Madrid untuk mendatangkan Figo. Sekadar informasi, transfer tersebut merupakan yang termahal di dunia saat itu.

Namun, kepergian Figo membuat fans Barcelona naik pitam. Suatu ketika saat Figo menyambangi Estadio Camp Nou (markas Barcelona) dengan balutan seragam Madrid, pria asal Portugal itu mendapat sambutan yang tidak hangat dari fans tuan rumah. Ketika ingin mengambil sepak pojok, Figo dilempari fans Barcelona dengan kepala babi yang terbuat dari plastik.

Terlepas dari insiden itu, Figo terhitung sukses bersama Madrid. Selama lima musim membela Madrid, Figo berhasil memberikan dua trofi Liga Spanyol dan masing-masing satu gelar Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Interkontinental (saat ini Piala Dunia Klub) bagi publik Santiago Bernabeu.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 78
    2 Real Madrid CF 78
    3 Athletic Madrid 68
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53