Lewandowski Tajam, Bayern Munich Hancurkan Borussia Dortmund di Der Klassiker

Rully Fauzi

Minggu, 9 April 2017 - 02:02 wib

MUNICH - Laga Der Klassiker antara Bayern Munich versus Borussia Dortmund, pada spieltag 28 Bundesliga 2016-2017, Minggu (8/4/2017) malam WIB, berjalan berat sebelah. Bayern menggulung sang tamu dengan skor 4-1. Robert Lewandowski kali ini kembali membuktikan ketajamannya. Melawan mantan klubnya, bomber internasional Polandia itu mencetak brace.

Pada pertandingan di Allianz Arena, Lewandowski mencetak golnya di masing-masing babak. Franck Ribery mengawali kemenangan telak Bayern atas Dortmund dengan mengemas gol cepat di menit keempat.

Enam menit kemudian, Lewandowski melukai tim yang membesarkan namanya. Dortmund sendiri sebenarnya mampu membalas lewat fullback Raphael Guerreriro di menit 20.

Namun di awal babak kedua, Arjen Robben menambah gol Bayern di menit 50, sebelum akhirnya Lewandoski mencetak gol keduanya dari titik putih di menit 68. Lewandowski sendiri musim ini tercatat telah 46 gol dari 45 pertandingan musim ini untuk klub dan negaranya. Fantastis!


Dengan hasil ini , Bayern tak tergoyahkan di puncak klasemen usai mengumpulkan 68 poin hasil dari 28 laga. Die Roten unggul 10 poin dari RB Leipzig yang ada di peringkat kedua, Hoffenhem (peringkat ketiga / 51 poin), dan Dortmund (peringkat keempat / 50 poin).

Jalannya Pertandingan

Dortmund melakukan serangan pertama yang cukup cepat. Dari sayap kanan, pergerakan Ousmane Dembele diakhiri dengan tembakan kaki kanan. Sayang, sepakannya masih melenceng dari gawang Bayern yang kali ini dikawal deputi Manuel Neuer, Sven Ulriech.

Bayern membalas menyerang dan langsung mematikan. Di menit keempat, Ribery mencetak gol pembuka untuk membawa tim tuan rumah unggul. Philipp Lahm mengirim umpan dari sisi kanan, yang disambut Ribery dengan tembakan first-time dan gol!

Setelah itu, pelanggaran Marc Bartra terhadap Ribery berbuah tendangan bebas bagi Bayern di posisi yang berbahaya. Lewandowski lantas maju sebagai eksekutor, dan melepaskan sepakan kaki kanan melengkung tanpa bisa diadang kiper Dortmund, Roman Buerki. Skor 2-0 untuk Bayern di menit 10.

Setelahnya, pergerakan Arjen Robben merepotkan Dortmund. Namun, dua tembakan kapten Timnas Belanda itu melebar tipis.

Asyik menyerang, Bayern lengah dalam bertahan. Dortmund kembali dalam permainan, setelah mencetak gol balasan di menit 20 melalui Raphael Guerreiro.

Dari umpan di sisi kiri pertahanan Bayern, bola yang dibuang Arturo Vidal jatuh di jalur Guerreiro untuk diselesaikan dengan tembakan voli yang bersarang di sudut atas gawang Bayern. Dortmund memperkecil skor jadi 1-2. Skor ini bertahan hingga half-time.

Usai turun minum, serangan balik Bayern kembali melukai Dortmund. Robben, yang memang konstan meneror pertahanan tim tamu, akhirnya bisa mengukir gol atas namanya sendiri untuk membawa Bayern memimpin 3-1 di menit 49.

Gol tersebut terlahir berkat kerjasamanya dengan Ribery. Dari sisi kanan, Robben menggiring bola ke kotak penalti untuk diakhiri dengan tembakan melengkung yang berada di luar jangkauan Buerki.

Menit 67, serangan balik cepat Bayern melepaskan Lewandowski. Buerki pun terpaksa melanggar sang bomber sehingga wasit menunjuk titik putih. Pemain berusia 28 tahun itu lantas mengambil sendiri penalti tersebut dan mengirim Buerki ke arah yang salah sekaligus menciptakan gol keempat Bayern.

Bayern terus mengontrol permainan. Namun, Dortmund mencoba bertahan lebih solid sembari mencuri kans untuk melakukan serangan balik.

Di lima menit terakhir, Dortmund nyaris menipiskan ketinggalannya. Christian Pulisic melepaskan tembakan keras dari dalam kotak, tapi Ulreich membuat penyelamatan penting.

Dortmund terus menekan, namun tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai peluit panjang berbunyi. Skor 4-1 untuk keunggulan Bayern bertahan hingga pertandingan rampung.

Susunan Pemain:

Bayern Munich XI: Lahm, Boateng, Martínez/Hummels, Alaba; Alonso, Vidal; Robben, Thiago, Ribéry/Douglas Costa; Lewandowski/Kimmich.

Borussia Dortmund XI: Bürki; Passlack, Sokratis, Bartra, Schmelzer; Ginter, Guerreiro/Mikel Morino; Dembélé/Mor, Castro/Rode, Pulisic; Aubameyang.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62