Gianluigi Buffon. (Foto: AFP)

Buffon: Investor Asing Merusak Tradisi Sepakbola Italia

Tatang Adhiwidharta

Selasa, 21 Maret 2017 - 05:08 wib

TURIN – Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, memberikan pandangannya perihal investor asing yang masuk ke Liga Italia. Menurutnya, para pemegang saham mayoritas yang berasal dari luar dapat memberikan dampak buruk.

Seperti diketahui, tim yang dibela Buffon merupakan milik keluarga Agnelli yang berasal dari Italia. Bianconeri selalu mendapat dukungan finansial dari Exor dan Fiat, yang merupakan usaha dari keluarga Agnelli.

Sayangnya kini beberapa klub Italia, seperti AS Roma dan Inter Milan dimiliki oleh investor asing. Melihat hal tersebut, Buffon menilai industri sepakbola Negeri Pizza mengalami kemunduran, bahkan telah merusak tradisi.

“Investor dari luar negeri di Serie A, AS Roma dimiliki orang Amerika Serikat, sementara investor dari China telah membeli klub-klub Kota Milan,” kata Buffon mengutip dari Football Italia, Selasa (21/3/2017).

“Kondisi tersebut tidak baik untuk Italia dan Serie A. Hal ini merupakan langkah mundur untuk sepakbola Italia serta berpotensi merusak tradisi panjang yang kami miliki,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, klub-klub Liga Italia dari dulu mayoritas dimiliki oleh orang Italia. Namun, keadaan telah berubah akibat ekonomi global yang sempat membuat Eropa goyang.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 69
    2 Tottenham Hotspur FC 59
    3 Manchester City 57
    4 Liverpool 56
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 65
    2 FC Barcelona 63
    3 Sevilla 57
    4 Athletic Madrid 55
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 73
    2 AS Roma 65
    3 Napoli 63
    4 Lazio 57
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 62
    2 Red Bull Leipzig 49
    3 Borussia Dortmund 46
    4 Hoffenheim 45