Coutinho masuk bidikan Barcelona. (Foto: AFP/Oli Scarff)

Iniesta Pergi, Barcelona Jadikan Coutinho sebagai Poros Serangan

Ramdani Bur

Senin, 20 Maret 2017 - 20:08 wib

BARCELONA – Barcelona berpotensi ditinggalkan Andres Iniesta pada bursa transfer musim panas 2018. Pada momen itu, kontrak Iniesta akan habis dan ia dipercaya takkan memperpanjang kontraknya. Melihat gelagat yang ada, gelandang berusia 32 tahun akan memutuskan pensiun dari dunia si kulit bulat usai kontraknya habis bersama Blaugrana –julukan Barcelona.

Lantas jika Iniesta pensiun, siapa yang menggantikan posisinya? Iniesta sendiri mengisyaratkan agar manajemen Barcelona mendatangkan gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti.

Iniesta melihat ada kesamaan pola permainan antara dirinya dengan pesepakbola berpaspor Italia tersebut. Namun, melihat pentingnya serta kekuatan uang yang dimiliki Les Parisiens –julukan PSG, sulit melihat Verratti meninggalkan Stade Parc des Princes.

Karena itu, Barcelona mengalihkan bidikan ke gelandang sekaligus pemain andalan Liverpool, Phillipe Coutinho. Pesepakbola berpaspor Brasil memiliki harga pasar 40 juta euro, namun dapat meningkat menjadi 80 juta euro atau sekira Rp1,1 triliun.

Uang tersebut memang besar, namun sebanding dengan kualitas yang dapat diberikan Coutinho kepada Barcelona. Bersama Liverpool musim ini, Coutinho bak dewa bagi publik Stadion Anfield.

Ketika Coutinho tampil apik, Liverpool meraih hasil gemilang. Hal sebaliknya ketika Coutinho tampil melempem, hasil yang diraih Merseyside Merah pun juga buruk.

Nantinya jika berhasil didatangkan, mantan pemain Inter Milan itu akan bermain sebagai satu dari tiga gelandang Barcelona. Namun, selain piawai beroperasi di lini tengah, pesepakbola berusia 24 tahun juga dapat diperankan sebagai winger kiri maupun second striker.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 75
    2 Tottenham Hotspur FC 71
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 64
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 75
    2 Real Madrid CF 75
    3 Sevilla 65
    4 Villarreal 57
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53