Share

Djanur Bangga Persib Jadi Pionir Marquee Player

Oris Riswan

Senin, 20 Maret 2017 - 06:46 wib

BANDUNG - Regulasi soal pemain asing di Liga 1 cukup memberi angin segar bagi dunia sepakbola nasional. Itu karena setiap tim punya kesempatan terbuka untuk mendatangkan pemain bintang dengan status marquee player.

Pelatih Persib Bandung Djadjang 'Djanur' Nurdjaman menyambut positif aturan tersebut. Apalagi Persib sudah lebih dulu mendatangkan marquee player sebelum aturan itu ditetapkan. Pemain itu adalah Michael Essien.

"Ini mungkin terobosan baru untuk meramaikan situasi kompetisi. Saya rasa ini bagus dan positif karena bagaimanapun sepakbola Indonesia sekarang makin dikenal," ujar Djanur di Bandung, Minggu (19/3/2017).

Ia pun mencontohkan saat dirinya ke Thailand beberapa bulan lalu untuk mengikuti lisensi kepelatihan A AFC. Di sana, para pelatih dari berbagai negara tidak banyak tahu tentang Indonesia, apalagi klubnya.

Tapi setelah datangnya Essien ke Persib, dunia mendadak melek bahwa ada negara bernama Indonesia dan klub bernama Persib. 'Maung Bandung' pun mendadak populer.

"Jadi dengan begini kita bisa semakin diketahui dunia," ucap Djanur.

Sebagai pelatih, ia pun merasa bangga menjadi klub pertama peserta Liga 1 yang menghadirkan gebrakan memboyong pemain sekelas Essien. "Pasti bangga sebagai pionir yang mendatangkan marquee player, pemain kelas dunia, saya pikir jadi suatu kebanggaan," ungkapnya.

Apalagi, menurutnya Essien datang saat usianya tidak terlalu tua, yaitu 34 tahun. Kondisi itu berbeda ketika di era 1990-an ada nama Roger Milla dan Mario Kempes yang sudah berusia sepuh saat bermain di Indonesia.

"Kalau ini kan masih 34 tahun, masih boleh dikatakan banyak pemain yang masih aktif di usia itu. Tapi Kempes dan Milla sudah sangat tua," jelas Djanur.

Hadirnya Essien pun diharapkan membawa pengaruh positif untuk sepakbola Indonesia, khususnya Persib. Pengalamannya di sepakbola dunia diharapkan dapat ditularkan pada para pesepakbola di Indonesia.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0