Hajar Valencia di Camp Nou, Barcelona Pepet Real Madrid di Puncak Klasemen

Rully Fauzi

Senin, 20 Maret 2017 - 04:59 wib

BARCELONA - FC Barcelona sukses mengalahkan Valencia CF 4-2 dalam laga jornada 28 Liga Spanyol 2016-2017 di Camp Nou, Senin (20/3/2017) dini hari WIB. Lionel Messi kembali jadi inspirator kemenangan Blaugrana dengan sumbangan dua golnya.

Selain brace La Pulga -julukan Messi, Luis Suarez dan Andre Gomes masing-masing menyumbang satu gol untuk Barca. Sementara Valencia membalas dua kali via Eliaquim Mangala dan Munir El Haddadi.

Laga ini juga diwarnai keluarnya kartu merah untuk Mangala. Bek Prancis itu diusir wasit di pengujung babak pertama sehingga Valencia tampil dengan 10 pemain di sepanjang babak kedua.

Berkat kemenangan ini, Barca memang masih berada di posisi kedua klasemen sementara dengan perolehan 63 poin dari 28 pertandingan.

Namun, Azulgrana kini memangkas gap mereka dengan Real Madrid yang duduk di posisi teratas menjadi dua poin saja. Meski demikian, Madrid baru main 27 kali. Sementara itu, Valencia menghuni peringkat ke-14 dengan koleksi 30 poin.

Jalannya Laga

Valencia di luar dugaan berhasil unggul lebih dulu di menit 29. Tandukan Mangala bersarang di gawang Barca kawalan Marc Andre ter Stegen, usai menyambut sepak pojok Daniel Parejo.

Barca tak tinggal diam. Mereka mampu membalas di menit 35, lewat tembakan Luis Suarez, yang memanfaatkan umpan throw-in dari Neymar.

Sayang, mimpi buruk untuk Valencia datang di menit 43. Mangala yang sebelumnya mencetak gol, malah menjadi pesakitan. Pemain pinjaman dari Manchester City ini menerima kartu merah usai melanggar Suarez di kotak terlarang. Messi yang menjadi eksekutor tak membuang peluang emas ini. Barca berbalik unggul 2-1.

Semenit kemudian, tepatnya di injury time babak pertama, Valencia lagi-lagi mengejutkan publik Camp Nou setelah berhasil menyamakan kedudukan. Penyerang pinjaman dari Barca, Munir, mengoyak jala gawang tuan rumah, memanfaatkan umpan Jose Gaya.

Di babak kedua, Barca yang unggul jumlah pemain sanggup mendominasi. Mereka akhirnya sukses mencetak gol di menit 52. Messi sukses membobol gawang Valencia dari jarak dekat. Dia memanfaatkan umpan terukur Javier Mascherano.

Belum cukup sampai di situ, Barca memperbesar keunggulan di menit 89. Pemain pengganti Andre Gomes membobol gawang Valencia, usai menerima umpan silang Neymar Jr. Skor 4-2 untuk keunggulan Barca bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Barcelona XI: Ter Stegen; Mascherano, Piqué, Umtiti; Rakitic/Sergi Roberto, Busquets, Iniesta, Rafinha/Andre Gomes; Messi, Suárez, Neymar.

Valencia XI: Alves; Gayà, Mangala, Garay, Montoya; Parejo, Pérez, Soler; Orellana/Abdennour, Munir/Zaza, Cancelo/Bakkali.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 78
    2 Real Madrid CF 78
    3 Athletic Madrid 68
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53