Tekuk Bilbao 2-1, Real Madrid Kian Kukuh di Puncak Klasemen La Liga

Leonardus Selwyn Kangsaputra

Minggu, 19 Maret 2017 - 00:36 wib

BILBAO – Real Madrid sukses menumbangkan tuan rumah Athletic Bilbao di San Memes Stadium, Sabtu (18/3/2017) malam WIB. Sukses unggul 1-0 di babak pertama, Madrid tampaknya sedikit kewalahan menghadapi beratnya tekanan dari Bilbao di babak kedua. Namun usaha dan kerja keras anak didik Zinedine Zidane ini tidak berakhir sia-sia. Mereka sukses menumbangkan anak asuh Ernesto Valverde dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan ini, Madrid kukuh di puncak klasemen La Liga 2016-2017 dengan keunggulan lima poin dari Barcelona, yang baru bermain melawan Valencia pada Selasa 21 Maret 2017 dini hari WIB. Jika nanti Barca menang, maka gap akan terpangkas menjadi dua poin saja. Namun, Madrid tetap mengantongi tabungan satu laga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Seperti biasanya, Real Madrid langsung menunjukkan keagresifannya dalam mengolah si kulit bundar sejak awal pertandingan. Sejumlah umpan berbahaya langsung dilayangkan Sergio Ramos dan kawan-kawan menuju jantung pertahanan Athletic Bilbao.

Menit 9, Cristiano Ronaldo sukses mencetak gol. Sayang seribu sayang, gol tersebut harus dianulir wasit lantaran penyerang berkebangsaan Portugal itu telah terlebih dahulu terjebak dalam posisi offside. Skor 0-0 masih menghiasi kedua belah tim.

Gagal mencetak gol, Ronaldo terus membombardir lini pertahanan Athletic Bilbao. Kerjasama Ramos dan Ronaldo menghasilkan tendangan keras mendatar. Namun sayangnya laju bola masih mampu ditahan dengan baik oleh Kepa.

GOOOL!! Real Madrid sukses mencetak gol pertamanya pada menit 25. Setelah mendapatkan umpan matang dari Cristiano Ronaldo, dengan sigap Karim Benzema langsung mengeksekusi si kulit bundar menuju jala gawang Kepa.

Babak Kedua

Menit 65, Athletic Bilbao sukses menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan yang diberikan Raul Garcia, Aritz Aduriz langsung menanduk keras si kulit bundar menuju gawang Keylor Navas. Skor kedua tim berubah imbang 1-1.

CASEMIROOO!! Real Madrid kembali memperlebar jarak dengan Atletic Bilbao. Memanfaatkan umpan matang yang diberikan Cristiano Ronaldo tepat di muka gawang pada menit 68, penyerang berusia 25 tahun tersebut langsung melepas tembakkan dari jarak dekat.

Aksi saling serang terus berlanjut di babak kedua. Bilbao terus berupaya mengejar ketertinggalan dengan memberikan tekanan keras menuju lini pertahanan Real Madrid. Namun usaha mereka kerap gagal, sejumlah umpan selalu dipatahkan sebelum bola menyentuh kotak penalti.

Real Madrid tampaknya sedikit kewalahan dengan permainan yang diberikan Bilbao. Upaya Los Blancos dalam mencetak pundi-pundi gol tambahan terus ditahan oleh tim yang dibesut Ernesto Valverde.

Mendekati akhir pertandingan, Real Madrid memutuskan untuk bermain bertahan. Pasalnya tim Zinedine Zidane itu enggan mengambil resiko dengan berupaya melakukan penyerangan di menit-menit terakhir.

Hingga berakhirnya pertandingan tidak ada gol tambahan yang tercipta. Real Madrid sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas Athletic Bilbao dalam pertandingan sengit di Stadion San Memes.

Susunan pemain:

Athletic Bilbao: Kepa; Balenziaga, Laporte, Lekue, Alvarez; Iturraspe, Garcia, Benat; Marcos, Williams, Aduriz.

Cadangan:Iraizoz; Elustondo, Saborit; Boveda, Susaeta; Rico, Muniain.

Real Madrid: Navas; Marcelo, Nacho, Ramos, Carvajal; Modric, Casemiro, Kroos; Bale, Ronaldo, Benzema.

Cadangan: Casilla; Danilo, Rodriguez; Kovacic, Isco; Morata, Vazquez.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 88
    2 AS Roma 84
    3 Napoli 83
    4 Lazio 70
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62