Share
Bekamenga, skuad Timnas Kamerun yang pernah bela Persib. (Foto: AFP/Peter Parks)

Ini Deretan Eks Pemain Timnas Dunia yang Pernah Bermain di Persib

Oris Riswan

Sabtu, 18 Maret 2017 - 00:05 wib

BANDUNG - Persib Bandung dikenal sebagai klub yang doyan mendatangkan pemain bintang di Indonesia. Untuk pemain asing, Persib juga cukup sering mendatangkannya.

Tak jarang, pemain asing harus mengakhiri karirnya lebih dulu di Persib meski kontraknya belum habis. Persib terhitung 'kejam' dalam urusan mengontrak pemain asing. Mengecewakan, sang pemain asing harus siap-siap didepak.

Dari musim ke musim, para pemain asing sudah sulit dihitung. Persib sendiri mulai memakai jasa pemain asing sejak 2003. Hingga kini, pemain asing hilir-mudik di skuad 'Maung Bandung'.

Tapi dari deretan pemain asing itu, Persib sempat memiliki beberapa pemain yang pernah memperkuat timnas dunia. Catatan itu dimulai dari nama Claudio Lizama yang memperkuat Persib di pertengahan musim 2003.

Lizama merupakan eks pemain tim nasional Chile U-23. Performanya bersama Persib cukup aktif. Ia turut menyelamatkan Persib dari jurang degradasi setelah terseok-seok sejak awal musim 2003.

Lalu ada nama Christian Bekamenga yang merupakan eks pemain tim nasional Kamerun U-23 pada 2007-2008. Ia pernah bermain bersama Kamerun pada Olimpiade 2008. Bekamenga sendiri bermain untuk Persib pada musim kompetisi 2007-2008. Ia mencatatkan 20 penampilan dan 17 gol untuk Persib.

Saat menjadi idola Bobotoh, Bekamenga tiba-tiba 'kabur' setelah rekan senegaranya, Nyeck Nyobe, dipinjamkan Persib ke Persela Lamongan. Ia kemudian memperkuat Nantes yang merupakan klub di Prancis. Setelah itu, ia melanglangbuana ke berbagai klub dan kini bermain di Balekirsispor.

Miljan Radovic jadi pemain kelas dunia yang pernah memperkuat Persib. Ia bermain untuk Persib dari 2011-2012. Ia mencatat 47 penampilan dengan 17 gol yang mayoritas berasal dari tendangan bebas. Ia tercatat pernah bermain untuk tim nasional Montenegro.

Brahima Traore yang bergabung di Persib pada 2012 juga tercatat pernah memperkuat tim nasional Burkina Faso di Piala Afrika 2000. Tapi penampilannya mengecewakan. Ia hanya beberapa kali tampil kemudian didepak.

Naser Al Sebai, pemain Persib di musim 2012, juga tercatat menjadi bagian tim nasional Suriah U-23 pada 2007-2008. Selama satu musim, ia jadi tembok tangguh di lini belakang. Tapi ia pulang ke Suriah di musim berikutnya karena adanya konflik di negaranya itu.

Berikutnya ada nama Juan Carlos Belencoso yang memperkuat Persib di pada 2015-2016. Pemain asal Spanyol itu pernah bermain di klub Spanyol, Albacete, pada 2008-2010. Ia juga jadi bagian Kitchee FC (Hongkong) pada 2013-2015.

Belencoso juga punya catatan mewah. Ia top skor Liga Champions Asia 2015. Tapi bersama Persib, performanya menurun drastis. Kontraknya pun diputus di tengah jalan.

Ada juga nama Konate Makan yang sulit dilupakan Bobotoh. Pemain yang memperkuat Persib pada 2013-2015 itu pernah jadi bagian tim nasional Mali U-17 dan U-19. Konate kemudian hijrah ke Malaysia saat PSSI dibekukan pemerintah dan Indonesia disanksi FIFA.

Vladimir Vujovic yang memperkuat Persib dari 2014 hingga kini juga pernah bermain untuk tim nasional Montenegro. Peran Vujovic tidak tergantikan sejak resmi bergabung dengan Persib. Ia merupakan elemen kesuksesan Persib dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara selain nama-nama di atas, Persib juga pernah diperkuat beberapa pemain tim nasional dari kawasan Asia. Mereka di antaranya Kosin Hathairatanakool dan Suchao Nutnum (Thailand), serta tiga eks pemain tim nasional Singapura yaitu Baihakki Khaizan, Shahril Ishak, dan Noh Alam Shah.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0