Sebelumnya, Persib pernah diperkuat Moses Sakyi. (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)

Ssttt...Sebelum Essien, Persib Pernah Diperkuat Eks Pemain Timnas Ghana

Oris Riswan

Jum'at, 17 Maret 2017 - 12:02 wib

BANDUNG - Michael Essien secara mengejutkan direkrut Persib Bandung. Essien sendiri merupakan pemain asal Ghana yang sudah kenyang mengenyam pengalaman bersama klub besar Eropa, seperti Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan Pantahinaikos.

Tapi Essien bukan pemain asal Ghana pertama di skuad 'Maung Bandung'. Sebelum Essien, Persib sempat ada pemain asal Ghana, yaitu Moses Sakyi.

Moses sendiri direkrut Persib pada musim 2012. Saat itu, Persib diarsiteki pelatih asal Kroasia Drago Mamic. Tapi penampilan Moses jauh dari harapan, bahkan cenderung mengecewakan Bobotoh dan manajemen Persib.

Ia hanya memperkuat Persib kurang dari setengah musim. Catatannya, ia hanya mengoleksi tiga gol untuk Persib, empat kartu kuning, dan satu kartu merah. Ia juga berkutat dengan cedera hingga jarang dimainkan.

Sementara sebelum memperkuat Persib, Moses sempat bermain untuk beberapa klub Eropa, seperti CSKA Sofia (Bulgaria), Istanbulspor (Turki), dan Olhanense (Portugal).

Ia juga tercatat pernah jadi skuad tim nasional Ghana dari 2004 hingga 2007. Tapi ia hanya dua kali dimainkan bersama tim nasional Ghana tanpa sekalipun mencetak gol.

Kini, Essien pun menjadi pemain kedua asal Ghana yang berkostum Persib. Patut ditunggu performa Essien mengingat masa keemasannya sudah lewat beberapa tahun lalu bersama Chelsea.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 69
    2 Tottenham Hotspur FC 59
    3 Manchester City 57
    4 Liverpool 56
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 65
    2 FC Barcelona 63
    3 Sevilla 57
    4 Athletic Madrid 55
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 73
    2 AS Roma 65
    3 Napoli 63
    4 Lazio 57
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 62
    2 Red Bull Leipzig 49
    3 Borussia Dortmund 46
    4 Hoffenheim 45