Tanggapan Bobotoh Soal Bergabungnya Michael Essien

Oris Riswan

Jum'at, 17 Maret 2017 - 02:01 wib

BANDUNG - Bobotoh, sebutan suporter Persib Bandung, begitu antusias menyambut kehadiran Michael Essien. Mereka tidak menyangka timnya akan diperkuat pemain bintang kelas dunia.

Essien pun seolah menjadi kado ulang tahun Persib ke-84 yang sempurna. Meski kemampuan Essien belum bisa terlihat, tapi pemain itu sudah membawa optimisme tinggi bahwa Persib akan berprestasi. Bagaimana komentar Bobotoh?

"Sebagai Bobotoh saya merasa bahagia, kaget bercampur hari dimana saat ulang tahun Persib kedatangan pemain kelas dunia seperti Essien," kata Agus Rahmat, salah seorang Bobotoh.

Ia berharap Essien bisa cepat beradaptasi dengan para pemain Persib dan sepakbola Indonesia. Essien pun diharapkan jadi pembeda dan bisa membawa sepakbola Indonesia meningkat kualitasnya.

"Mudah-mudahan sepakbola Indonesia, khususnya Persib, menjadi semakin maju lagi," harapnya.

Bobotoh lainnya, Dadan Gareng, mengatakan hadirnya Essien diprediksi akan berpengaruh terhadap industri sepakbola Indonesia. "Mudah-mudahan dia bisa mendongkrak (kualitas) sepakbola kita," ucapnya.

Ia pun optimistis jika Essien masih memiliki kemampuan istimewa meski masa keemasannya sudah lewat beberapa tahun lalu. "Sepakbola sudah jadi industri. Saya setuju dengan datangnya Essien, jaminan mutu, Essien kan sudah punya banyak pengalaman main di klub-klub top Eropa," tutur Gareng.

Rudi Boseng juga menyambut Essien dengan nada positif dan optimisme tinggi. Tapi ia mengingatkan agar Essien benar-benar berkontribusi untuk tim.

"Pemain ini harus ada kontribusi buat tim, jangan hanya mengandalkan label bintang," ujar Boseng.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 78
    2 Tottenham Hotspur FC 74
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 65
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 78
    2 Real Madrid CF 78
    3 Athletic Madrid 68
    4 Sevilla 68
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 83
    2 AS Roma 75
    3 Napoli 71
    4 Lazio 64
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53