Essien resmi gabung Persib. (Foto: Oris/Okezone)

Essien Gabung Persib, Ridwan Kamil: Ia Sejarah Luar Biasa untuk Indonesia

Oris Riswan

Kamis, 16 Maret 2017 - 13:02 wib

BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut positif hadirnya Michael Essien yang resmi jadi pemain Persib Bandung. Ia menyebut datangnya Essien jadi sejarah untuk sepakbola Indonesia.

"Intinya ini sejarah luar biasa dari persepakbolaan Indonesia yang kian profesional. Sejarah ini hadir dari reformasi sepakbola di mana klub profesional tidak lagi didanai oleh pemerintah," kata Emil, sapaan akrabnya, Rabu 15 Maret 2017 malam.

Sejak sepakbola profesional dikelola secara mandiri, menurutnya ada perkembangan signifikan. Animo publik terhadap sepakbola meningkat. Dari segi bisnis, sepakbola juga jadi industri yang menjanjikan. Sisi kualitas juga meningkat.

"Peningkatan kualitas ini salah satunya dengan peningkatan kualitas kaliber pemain yang dikontrak," ungkapnya.

Hadirnya Essien di sepakbola Indonesia pun diharapkan membawa pengaruh positif yang besar. Sehingga kualitas liga dan sepakbola Indonesia secara umum akan meningkat.

"Kalau setiap klub melakukan hal yang sama (mendatangkan pemain kelas dunia) kan seru. Persib juga jadi terkenal oleh dunia dalam dua hari terakhir gara-gara Essien," jelas Emil.

Sementara sebagai Bobotoh, ia mengaku bahagia dengan datangnya Essien. Pemain asal Ghana itu diharapkan membawa Persib lebih berprestasi lagi.

"Intinya sebagai Bobotoh sejati sangat gembira, sangat bahagia. Tinggal dibuktikan berbanding lurus tidak dengan prestasi," tuturnya.

Tapi ia mengingatkan bahwa sepakbola adalah permainan kolektif. Adanya Essien belum tentu berpengaruh jika tidak mendapat sokongan dari pemain lain di lapangan.

"Problemnya sepakbola ini kan dimainkan 11 orang. Satu superstar, bagaimana kalau tidak.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 69
    2 Tottenham Hotspur FC 59
    3 Manchester City 57
    4 Liverpool 56
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 65
    2 FC Barcelona 63
    3 Sevilla 57
    4 Athletic Madrid 55
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 73
    2 AS Roma 65
    3 Napoli 63
    4 Lazio 57
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 62
    2 Red Bull Leipzig 49
    3 Borussia Dortmund 46
    4 Hoffenheim 45