Dapat Dua Kali Penalti, Juventus Cukur Napoli di J-Stadium

Reza Saputra

Rabu, 1 Maret 2017 - 04:43 wib

TURIN – Juventus sukses meraih kemenangan kontra Napoli pada pertandingan leg pertama babak semifinal Coppa Italia, di J-Stadium, Rabu (1/3/2017) dini hari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, armada Massimiliano Allegri sukses membalikkan keadaan jadi 3-1 di akhir pertandingan.

Kemenangan Bianconeri –julukan Juventus– atas Napoli bisa dikatakan merupakan sebuah keberuntungan. Pasalnya, Gonzalo Higuain dan kawan-kawan mendapat dua kali hadiah penalti dari sang pengadil di lapangan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di depan pendukung setianya, Juventus langsung mencoba mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya, laga baru berjalan 13 menit,  Dybala nyaris membuka keunggulan bagi tuan rumah. Menerima umpan jauh Bonucci, Dybala langsung menyontek bola, sayang percobaannya dari jarak dekat masih mampu dihalau pemain belakang Napoli dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Sepak pojok tersebut juga masih menjadi ancaman besar bagi Napoli. Mandzukic yang berhasil memenangkan duel udara mampu menanduk bola lurus ke gawang. Namun penampilan apik Reina sukses menepis bola.

Napoli mencoba keluar dari tekan. Milik yang menerima umpan tarik dari sisi kanan melepaskan tembakan first time, tapi usahanya masih melambung jauh di atas mistar tuan rumah.

Partenopei kembali menebar ancaman ke barisan bertahan Juventus. Kali ini giliran Insigne yang melepaskan tembakan spekulasi di menit 23. Sayang tendangannya masih mampu ditahan Neto.

Napoli akhirnya mampu unggul lebih dulu atas tuan rumah Juventus di menit 36. Adalah Jose Callejon yang sukses membuka keunggulan tim tamu. Berawal dari kerja sama Milik dengan Lorenzo Insgine, nama kedua memberikan umpan tarik ke kotak penalti. Tanpa pengawalan berarti, Callejon tinggal menyontek bola ke dalam gawang.

Setelah tertinggal satu gol, tuan rumah langsung tersentak. Di masa injury time, Mandzukic hampir menyamakan kedudukan saat mampu menanduk bola umpan Higuain dari sisi kiri. Tapi penampilan apik Reina kembali sukses mementahkan bola. Bahkan bola rebound yang langsung disambar Lichtsteiner masih mampu diantisipasi mantan kiper Liverpool tersebut.

Babak Kedua

Juventus sukses menyamakan kedudukan jadi 1-1 dua menit selepas jeda. Dybala sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses mengeksekusi tendangan 12 pas. Tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Dybala dijatuhkan Koulibaly di kotak terlarang.

Setelah sukses menyamakan kedudukan, Bianconeri semakin bernafsu melancarkan serangan ke jantung pertahanan Napoli. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat kedudukan tidak berubah hingga menit 60.

Juventus berhasil membalikkan keadaan di pertengahan babak kedua. Tidak tanggung-tanggung, dua gol langsung disarangkan ke gawang Napoli kawalan Reina dan membawa Bianconeri memimpin dengan skor 3-1.

Gol pertama Juventus lahir di menit 64 melalui kaki Gonzalo Higuain. Ia berhasil melepaskan tembakan dari sudut sempit setelah mendapat umpan dari sundulan Giorgio Chiellini.

Empat menit berselang, giliran Paulo Dybala yang kembali merobek jala gawang Reina. Pemain internasional Argentina itu kembali sukses mengeksekusi tembakan penalti setelah Cuadrado dijatuhkan di kotak terlarang.

Juventus hampir mencetak gol keempatnya pada pertandingan kali ini. Adalah Khedira yang berhasil membuat barisan bertahan Partenopei ketar-ketir. Menerima umpan tarik Cuadrado di menit 74, Khedira langsung menyambut dengan sepakan first time. Sayang tendangannya masih membentur kaki pemain bertahan Napoli.

Kedua tim terus menebar ancaman ke masing-masing wilayah pertahanan. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukan tetap 3-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Susunan Pemain:

Juventus XI: Neto; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Cuadrado 47’), Pjanic, Khedira, Asamoah (Sandro 73’); Dybala (Pjaca 84’), Higuain, Mandzukic.

Napoli XI: Reina; Maggio, Albiol, Koulibaly, Strinic; Rog (Pavoletti 83’), Diawara, Hamsík (Zielinski 57’); Callejón, Milik (Mertens 61’), Insigne.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 69
    2 Tottenham Hotspur FC 59
    3 Manchester City 57
    4 Liverpool 56
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 65
    2 FC Barcelona 63
    3 Sevilla 57
    4 Athletic Madrid 55
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 73
    2 AS Roma 65
    3 Napoli 63
    4 Lazio 57
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 62
    2 Red Bull Leipzig 49
    3 Borussia Dortmund 46
    4 Hoffenheim 45