Kalah oleh PSM, Pelatih Persiba: Ini Kesalahan Saya

Oris Riswan

Jum'at, 17 Februari 2017 - 18:49 wib

BANDUNG - Persiba Balikpapan menutup laga pamungkas Grup C Piala Presiden 2017 dengan kekalahan 1-3 oleh PSM Makassar. Permainan Persiba pun antiklimaks jika dibandingkan dengan laga sebelumnya saat menghadapi Persib.

"Di babak pertama, terjadi sesuatu yang abnormal, mereka (PSM) bisa cetak tiga gol dalam waktu singkat karena kesalahan yang sama," kata pelatih Persiba Timo Scheunemann dalam konferensi pers usai laga di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (17/2/2017).

Selama babak pertama, diakuinya para pemain kurang fokus dan lengah. Hal itu berakibat Persiba begitu mudah kecolongan. Pemain pun membutuhkan waktu untuk bangkit.

Di babak kedua, Timo mengatakan permainan timnya mengalami perubahan. Timnya kembali memiliki determinasi. Selain itu, ada hal yang membuatnya sangat bangga yaitu semangat juang para pemain.

"Saya senang babak kedua kita bisa bangkit dan tidak kecolongan. Mereka main demi harga diri," ungkapnya.

Meski begitu, ia mengungkap ada beberapa kesalahan yang dilakukan wasit. Salah satunya pelanggaran terhadap Heri Susanto di kotak penalti pada babak pertama.

"Harusnya itu penalti, saya harus lihat lagi di Youtube (cuplikannya). Tapi pandangan saya (pelanggaran) itu di dalam kotak," ujarnya.

Tapi sang pengadil berpandangan lain. Pelanggaran itu hanya diganjar tendangan bebas, bukan tendangan penalti. Padahal jika wasit memberikan penalti, menurutnya mental dan semangat timnya akan meningkat.

"Tapi saya di sini tidak untuk mengkritik wasit. Saya menyalahkan diri saya sendiri, tim saya sendiri dengan organisasi yang kacau saat terjadi tendangan bebas dan corner kick, golnya dari situ, sehingga mereka menghukum kita di menit-menit awal," jelas Timo.

Sebagai pelatih, Timo mengaku ada pesan yang tidak bisa dijalankan pemain. Sehingga permianan di lapangan tidak sesuai harapan.

"Itu kesalahan saya. Mungkin saya kurang bisa menerjemahkan saya punya keinginan, arahan kepada pemain dalam sebuah program," tegasnya.

Kiper Persiba Kurniawan Kartika Ajie mengakui para pemain di lapangan sempat kehilangan fokus di babak pertama yang berakibat fatal. "Kita sudah kerja cukup keras, tapi kurang konsentrasi dan komunikasi juga," ucapnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62