Ancelotti Tak Masalah jika Bayern Munich Kalah

Aditya Wahyutomo

Minggu, 15 Januari 2017 - 08:30 wib

MUNICH—Kemenangan tentu menjadi salah satu tujuan utama seorang pesepakbola berada di lapangan. Namun menurut pelatih Bayern Munich, Carlo Ancelotti, kemenangan di setiap pertandingan bukanlah suatu hal yang harus didapatkan.

Pria yang akrab disapa Don Carlo ini mengatakan bahwa kekalahan juga berarti sangat penting untuk perkembangan tim. Ia mengatakan bahwa kekalahan dari Liverpool di Liga Champions 2005 sangat berarti untuk membawa AC Milan menjadi juara di Athena, Yunani.

Sosok yang pernah melatih Real Madrid tersebut menegaskan bahwa kekalahan harus dijadikan sebuah kunci untuk meraih kemenangan. Itu karena sepakbola tidak melulu sebagai pertarungan fisik melainkan juga sebagai pertarungan mental dan psikologi.

“Saya percaya Bayern Munich tak memiliki masalah dengan kekalahan,” ujar Ancelotti seperti diberitakan Bundesliga Magazine, Minggu (15/1/2017).

“Mereka para pemain tahu bahwa kekalahan bis amenjadi kunci kemenangan jika bisa mengambil hikmah dan mencari kesalahan serta menimbulkan motivasi untuk menjadi sosok yang lebih baik,” tambahnya.

“Kita saya melatih Milan, kalah dari Liverpool di Istanbul adalah kunci sukses untuk memenangkan pertandingan di Atena. Sementara untuk Bayern Munich, kekahalan melawan Chelsea adalah harga yang harus ditebus untuk mendapat treble winner di 2013,” tandasnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 69
    2 Tottenham Hotspur FC 59
    3 Manchester City 57
    4 Liverpool 56
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 65
    2 FC Barcelona 63
    3 Sevilla 57
    4 Athletic Madrid 55
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 73
    2 AS Roma 65
    3 Napoli 63
    4 Lazio 57
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 62
    2 Red Bull Leipzig 49
    3 Borussia Dortmund 46
    4 Hoffenheim 45