Foto: Ilustrasi

Para Pesepakbola Indonesia Senang ISL Kembali Bergulir

Oris Riswan

Kamis, 12 Januari 2017 - 16:38 wib

BANDUNG - Kompetisi musim depan dijadwalkan akan segera bergulir mulai Maret 2017. Itu akan jadi kompetisi resmi pertama setelah PSSI sempat dibekukan dan Indonesia disanksi FIFA.

Terakhir kali ada kompetisi adalah saat digelarnya QNB League pada 2015. Tapi saat itu QNB hanya berjalan dua pertandingan. Pembekuan PSSI oleh Menpora Imam Nahrawi membuat QNB berhenti begitu saja. Hal itu berujung pada sanksi FIFA bagi Indonesia.

Setelah itu, sepakbola Indonesia seolah tanpa arah. Bahkan selama beberapa bulan pesepakbola Indonesia menjadi pengangguran dan banyak yang beralih profesi.

Beruntung sepakbola Indonesia perlahan menggeliat karena ada sejumlah turnamen yang digelar hingga 2016. Dimulai dari Piala Kemerdekaan, Piala Presiden, Piala Jenderal Sudirman, Piala Bhayangkara, dan terakhir Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Kini, asa baru kembali muncul karena liga akan kembali bergulir. Berbeda dengan TSC dan berbagai turnamen lainnya, musim depan akan benar-benar menjadi liga. Ada promosi dan degradasi yang bakal menambah sengit persaingan tim peserta.

"Tentu sebagai pemain kami senang mendengar kabar itu, bahwa sudah ada kepastian tentang liga yang sebenarnya," ucap Atep.

Kompetisi menurutnya jelas jadi satu hal yang dirindukan oleh para pesepakbola. Selain banyak pesepakbola yang kembali bisa bekerja, bermain di kompetisi memiliki tantangan dan kepuasan yang besar dibandingkan bermain di turnamen.

"Ini yang kita tunggu-tunggu setelah kurang lebih dua tahun kita tidak berkompetisi resmi. Sekarang sudah ada kepastian," ungkap pemilik nomor punggung tujuh itu.

Soal masa persiapan, Atep mengatakan cukup jika kompetisi digelar Maret. Klub peserta bisa ngebut melakukan persiapan agar bisa tampil maksimal di kompetisi nanti.

"Waktunya cukup buat menghadapi kompetisi nanti," pungkas Atep.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 69
    2 Tottenham Hotspur FC 59
    3 Manchester City 57
    4 Liverpool 56
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 65
    2 FC Barcelona 63
    3 Sevilla 57
    4 Athletic Madrid 55
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 73
    2 AS Roma 65
    3 Napoli 63
    4 Lazio 57
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 62
    2 Red Bull Leipzig 49
    3 Borussia Dortmund 46
    4 Hoffenheim 45