Bungkam Athletic 1-3, Barca Lolos ke Perempatfinal Copa del Rey

Ezha Herdanu

Kamis, 12 Januari 2017 - 05:16 wib

BARCELONA – Barcelona melakoni leg kedua babak 16 Besar Copa del Rey dengan menjamu Athletic Bilbao di Estadio Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dini hari WIB. Tampil menyerang, skuad Blaugrana pun mampu menutup laga ini dengan kemenangan 3-1 atas Athletic.

Dengan hasil tersebut, Barca berhak untuk melaju ke babak perempatfinal Copa del Rey 2016-2017. Mereka menang secara agregat 3-2 atas Athletic di pertandingan ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Barca yang butuh satu gol untuk lolos ke babak perempatfinal Copa del Rey 2016-2017, tampil menekan pada awal babak pertama laga ini. Bahkan mereka nyaris bisa unggul lebih dahulu jika aksi dari Messi tak digagalkan oleh barisan belakang Athletic.

Tidak berselang lama, Barca kembali mendapatkan kesempatan emas untuk unggul lebih dahulu atas Athletic melalui aksi Rakitic. Namun sayang, sepakan dari gelandang Timnas Kroasia tersebut masih mampu diamankan oleh Iraizoz.

Pada menit ke- 21, Athletic nyaris membuat pendukung tuan rumah terdiam. Akan tetapi, peluang emas Athletic melalui sepakan spekulasi yang dilepaskan oleh Inaki Williams, masih belum menemui sasaran yang tepat.

Luis Suarez! Akhirnya mampu membawa Barca unggul 1-0 atas Athletic melalui golnya pada menit 36. Memaksimalkan umpan silang dari Neymar, penyerang Timnas Uruguay tersebut menyambutnya dengan sepakan voli yang meluncur deras ke gawang Athletic.

Di penghujung babak pertama Barca sebenarnya mampu menambah keunggulan mereka atas Athletic. Namun upaya dari Neymar masih belum membuahkan hasil. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Barca masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan dua menit, Barca mendapatkan sebuah keuntungan usai Neymar dilanggar oleh Boveda di kotak terlarang. Maju sebagai algojo penalti, Neymar mampu menjalankan tugasnya dengan baik sekaligus membawa Barca unggul 2-0 atas Athletic.

Tidak berselang lama dari gol Neymar, Athletic mampu memperkecil ketertinggalan mereka jadi 1-2 dari Barca. Adalah Saborit yang sukses memanfaatkan umpan silang dari Williams dengan sundulannya yang tak mampu diantisipasi oleh Cillessen.

Tersentak dari gol Athletic, membuat Barca semakin gencar memberikan tekanan kepada kubu tamu. Alhasil, sebuah peluang emas mampu kembali mereka dapatkan di laga ini. Namun upaya yang hadir dari lesakan Neymar itu masih belum membuahkan hasil.

Messi! Mampu kembali membawa Barca menambah keunggulan atas Athletic jadi 3-1 melalui golnya pada menit 77. Mendapatkan kesempatan dari sepakan besar, pemilik julukan La Pulga tersebut tak menyianyiakannya dengan melesakan bola ke dalam gawang Athletic.

Pertandingan hanya menyisahkan empat menit lagi, Suarez hampir kembali mencatatkan namanya di papan skor laga ini. Akan tetapi sayang, sepakan dari mantan pemain Liverpool tersebut masih mampu diantisipasi oleh Iraizoz.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada lagi gol tambahan yang dicetak oleh kedua kesebelasan. Tim tuan rumah, Barca, mampu menyudahi pertandingan dengan kemenangan 3-1 atas tamunya, Athletic.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Cillessen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rafinha (Rakitic 80’), Busquets, Iniesta (Turan 89’); Messi, Suarez, Neymar (Dennis Suarez 87’).

Pelatih: Luis Enrique

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iraizoz; Boveda, Etxeita (Gorka 30’), Laporte, Saborit (Susaeta 79’); San Jose, Benat; Williams, Eraso, Balenziaga; Sabin (Aduriz 46’).

Pelatih: Ernesto Valverde

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 88
    2 AS Roma 84
    3 Napoli 83
    4 Lazio 70
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62