Liverpool Telan Pil Pahit di Kandang Southampton

Tatang Adhiwidharta

Kamis, 12 Januari 2017 - 04:50 wib

SOUTHAMPTON – Liverpool harus menelan pil pahit usai kalah dari tuan rumah Southampton di laga leg pertama Piala Liga Inggris. Anak asuh Jurgen Kloop takluk dengan skor tipis 1-0. Gol Soton diciptakan oleh Nathan Redmond pada menit ke 18.

The Reds sebenarnya mampu mengendalikan jalannya pertandingan. Namun sayang beberapa kali peluang datang, Roberto Firmino dan kawan-kawan gagal mengonversikannya menjadi gol.

Atas kekalahan ini tim asuhan Kloop memperpanjang pertemuan mereka dengan Soton. Pasalnya mereka tak pernah menang ketika bermain di Saint Merry Stadium dalam dua kunjungan terakhir, Liverpool menerima kekalahan sekali dan imbang sekali.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Liverpool berinisiatif melakukan serangan ke jantung pertahanan Southampton, namun  harus kandas, Can gagal menguasai bola dengan baik. Pemain tuan rumah dengan sigap menghalau serangan dari The Reds.

Lewat 10 menit perdana, pertandingan cenderung milik Liverpool yang lebih sering menguasai bola. Namun mereka belum bisa membuat peluang emas berarti ke gawang Soton.

Pada menit ke 18 Liverpool mendapatkan peluang! Menerima bola lambung, Lallana menyundul bola kepada Firmino di dalam kotak penalti, bola langsung disambar dengan sepakan voli ke tiang dekat, namun secara luar biasa bola bisa ditepis Forster. Skor masih sama kuat 0-0.

Petaka bagi anak asuh Jurgen Kloop di menit ke 20, Redmond membawa Soton unggul. Ia sukses menempatkan bola ke gawang Karius. Bola jatuh di kaki Rodriguez yang langsung menyodorkan bola, tanpa kesalahan sepakannya menyusur tanah merobek gawang The Reds. 1-0 untuk keunggulan Southampton.

Tertinggal satu gol, Liverpool mencoba menggencarkan serangan lewat aksi individu dari Lallana. Ia membuat lini belakang Soton sedikit kocar kacir, ia sodorkan bola kepada Milner di kotak penalti, beruntung bola masih bisa diblok Cedric.

Memasuki menit krusial, Liverpool belum mampu menggetarkan jala tuan rumah. Alhasil sang pengadil lapangan meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, kali ini Liverpool memperagakan permainan terbuka. Lantas Tadic melakukan tembakan keras, namun bola berhasil disundul Milner keluar lapangan, sepak pojok bagi Soton.

Penyerang The Reds, Sturridge terjatuh di kotak penalti usai mendapat kawalan dari Van Dijk di menit 56. Ia melihat ke arah wasit, sayang sang pengadil tak memberikan hadiah penalti bagi The Reds.

Liverpool yang keasyikkan menyerang harus menerima serangan balik cepat dari Soton, kerja sama Redmond dan Rodriguez membuat Cedric menerima bola di dalam kotak penalti. Namun sepakannya masih mengenai jaring gawang dari luar sisi tiang dekat!

Saat waktu menginjak menit 80 Southampton kerap memberikan ancaman bagi gawang Karius. Redmond yang berdiri bebas di area pertahanan lawan melakukan tendangan, namun bola hanya membentur tiang gawang dan disundul Lovren tepat di garis gawang Liverpool.

Skor laga masih tak berubah untuk keunggulan Soton. Hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang, tanda berakhirnya pertandingan. Atas kekalahan ini, pasukan Klopp harus bekerja keras meraih kemenangan di leg kedua nanti.  

Susunan Pemain

SOUTHAMPTON (4-3-3): Forster; Cedric, Yoshida, Van Dijk, Bertrand; Clasie (Emile Hoejbjerg ’74), Romeu, Davis; Tadic, Rodriguez (Shane Long ’82), Redmond.

LIVERPOOL (4-3-3): Karius; Clyne, Lovren, Klavan, Milner; Lucas, Can, Wijnaldum (Coutinho ’61); Lallana, Sturridge, Firmino (Origi ’83).

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 52
    2 Tottenham Hotspur FC 45
    3 Liverpool 45
    4 Arsenal FC 44
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 40
    2 Sevilla 39
    3 FC Barcelona 38
    4 Athletic Madrid 34
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 45
    2 AS Roma 44
    3 Napoli 41
    4 Lazio 40
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 39
    2 Red Bull Leipzig 36
    3 Hertha BSC 30
    4 Eintracht Frankfurt 29