Bhayangkara FC (Foto: Umarul Faruq/Antara)

Mental Bakal Berbicara di Laga Persipura Kontra Bhayangkara FC

Kukuh Setiawan

Jum'at, 2 Desember 2016 - 05:13 wib

JAYAPURA - Pertarungan antara Persipura Jayapura kontra Bhayangkara FC (BFC) di Stadion Mandala, Jumat (2/12/2016), diyakini tak hanya sekadar adu kualitas tim. Namun lebih dari itu, mental menjadi faktor krusial yang berpotensi besar menjadi penentu hasil akhir pertandingan.

Bicara faktor mental, kondisi kedua tim terbilang tidak seimbang. Ketika Persipura di akhir kompetisi mulai mapan, kondisi sebaliknya dialami BFC. Tim yang dimiliki Polri ini masih mengalami grafik naik-turun alias tidak stabil di akhir kompetisi.

Belum menemukan kemenangan di tiga laga terakhir menjadi kenyataan pahit bagi BFC sebelum berduel dengan Mutiara Hitam. Pelatih BFC Ibnu Grahan harus bekerja keras menata mental sekaligus motivasi timnya agar bisa membuat kejutan di Jayapura.

"Benar, mental akan menjadi salah satu faktor yang menentukan. Kami bertanding di kandang Persipura yang sulit dikalahkan di kandang sendiri. Saya meminta pemain tetap percaya diri dan tidak grogi menghadapi tekanan Persipura," sebut Ibnu saat dihubungi.

Ibnu tidak ingin timnya terbayang hasil kurang maksimal di laga sebelumnya. Secara teknis dirinya yakin kekuatan miliknya tidak berbeda jauh dengan aset yang dipunyai Persipura. Dia berpesan agar pemain tidak panik dan fokus selama pertandingan.

"Saya memprediksi Persipura akan berusaha menguasai pertandingan dan mengurung pertahanan kami. Untuk itu dibutuhkan ketenangan dan ketelatenan dalam menghadapinya. Kami tentu akan memberikan tekanan balik," sambung Ibnu.

Soal siapa pemain yang berbahaya di kubu tuan rumah, Ibnu tidak menyebut secara spesifik. Dia menilai semua pemain Persipura mempunyai skill di atas rata-rata sehingga tak hanya satu-dua pemain saja yang berpeluang memberikan tekanan.

Sementara, kubu Persipura bertekad tidak membuang momentum untuk sementara menyalip Arema Cronus di puncak klasemen. Ya, jika bisa memenangi pertandingan ini, Persipura untuk pertama kalinya bakal menembus puncak klasemen ISC 2016.

Pelatih Persipura Alfredo Vera mengungkapkan, "Persipura tidak boleh kehilangan poin. Kalau kami tidak bisa menang, maka peluang menjadi juara akan semakin sulit. Jadi kami akan berupaya keras untuk menambah tiga poin agar persaingan (menuju juara) bisa terjaga."

Tidak mengingatkan agar timnya tidak mengecilkan BFC yang kesulitan memetik kemenangan belakangan ini. Menurutnya tim tamu tetap mempunyai karakter dan kelebihan tersendiri yang bisa membuyarkan target Persipura.

"Untuk aspek mental saya tidak ragu dengan tim Persipura. Kami mencatat grafik bagus saat mendekati akhir kompetisi walau di awal agak kesulitan. Itu membuktikan bahwa mental Persipura sangat bisa diandalkan," pungkas Alfredo.

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Yoo Jae Hoon (GK), Tinus Pae, Bio Paulin, R. Salampessy, R. Beroperay; Ricardo Silva, M Tahir, Haay; F. Pahabol, Edward, Ian Kabes.

Bhayangkara FC (4-2-3-1): Wahyu Tri (GK), Putu Gede, Otavio Dutra, Indra Kahfi, Dany Saputra;  Hargianto, Yoo Joon; Khairallah, Ilham Udin, Fandi Eko; Rudi Widodo.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 31
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25