Share
Chelsea belum tentu juara Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Zola: Tak Bermain di Eropa, Bukan Berarti Chelsea Bisa Juara Liga Inggris

Ramdani Bur

Kamis, 1 Desember 2016 - 08:03 wib

LONDON – Mantan pesepakbola asal Italia, Gianfranco Zola, menilai Chelsea memiliki keuntungan tak bermain di kompetisi Eropa musim ini. Dengan absen tampil di Liga Champions ataupun Europa League, Eden Hazard dan kawan-kawan bisa fokus ke kompetisi domestik seperti Liga Inggris.

Meski demikian dalam pandangan Zola, bukan berarti The Blues –julukan Chelsea– akan melenggang mulus dan menjadi kampiun Liga Inggris 2016-2017. Sebab setidaknya ada lima tim lain yang berpeluang berjaya di akhir musim.

“Sebuah keuntungan bagi Chelsea. Sebab mereka tidak memiliki jumlah pertandingan yang lebih banyak ketimbang tim yang bermain di kompetisi Eropa. Namun, hal itu tidak menggaransi Chelsea akan juara di akhir musim. Anda harus bekerja keras untuk menjadi juara liga,” ujar Zola yang sempat tujuh musim membela Chelsea, mengutip dari Sky Sports, Kamis (1/12/2016).

Tidak tampilnya Chelsea di kompetisi Eropa membuat Eden Hazard dan kawan-kawan mencurahkan fokusnya ke Liga Inggris. Terbukti hingga Liga Inggris 2016-2017 memasuki pekan 13, Chelsea duduk di puncak klasemen dengan poin 31.

Bahkan posisi dua sementara diduduki Liverpool yang notabene juga absen di kompetisi Eropa musim ini. Karena itu, tidak tampil di kompetisi Eropa dapat dibilang merupakan keuntungan bagi Chelsea sejauh ini.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0