Gol Perdana Hariono Tutup Kemenangan Persib atas Perseru Jadi 6-2

Oris Riswan

Rabu, 30 November 2016 - 18:51 wib

BANDUNG - Persib Bandung sukses membalas kekalahan 0-1 di putaran pertama TSC 2016 dari Perseru Serui. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (30/11/2016), Persib menghajar Perseru dengan skor 6-2.

Dua gol Persib dicetak Sergio van Dijk, sedangkan empat gol lainnya dicetak oleh Atep, Marcos Flores, Taufiq, dan Hariono. Sementara gol Perseru dicetak Boman Bi Irie Aime dan Osas Marvelous Saha.

Jalannya pertandingan

Babak Pertama

Persib langsung berinisiatif mengambil serangan. Satu serangan dilakukan melalui Atep di sektor kanan pertahanan Perseru. Tapi serangan itu hanya menghasilkan tendangan sudut yang tidak membahayakan gawang lawan.

Menit kedua, Perseru melakukan serangan melalui sektor kanan Persib. Tapi Hariono yang diduetkan dengan Tony Sucipto sebagai bek tengah dengan sigap memotong aliran bola.

Marcos Flores mengirim umpan cantik pada Febri Hariyadi yang merangsek ke kotak penalti pada menit kelima. Sial bagi Persib, bola lebih dulu ditangkap kiper Choirun Nasirin.

Pertandingan berjalan monoton hingga menit 15. Kedua tim tampak berhati-hati dalam melancarkan serangan. Bahkan beberapa kali pemain Persib salah dalam memberikan umpan. Sementara Perseru yang mengandalkan serangan balik juga beberapa kali kehilangan bola.

Menit 16, Sergio van Dijk memiliki peluang. Menerima umpan di sekitar area kotak penalti, Sergio meleas sepakan mendatar. Sayang bola hasil sepakannya melebar dari sasaran.

Gol! Persib akhirnya memecah kebuntuan pada menit 18 melalui sepakan first time Sergio van Dijk. Robertino yang mengirim umpan daerah sukses disambut Jajang Sukmara. Jajang kemudian melepas umpan silang terukur ke mulut gawang.

Sergio van Dijk dengan cerdik menerobos kawalan pemain belakang Perseru. Sambil berlari, ia melepas sepakan begitu mendapatkan umpan. Bola bersarang di gawang Perseru yang langsung disambut gemuruh Bobotoh. 1-0 Persib memimpin.

Sergio nyaris menambah gol pada menit 21 melalui tandukannya. Menerima umpan lambung dari Robetino Pugliara, pemilik nomor punggung 33 itu langsung melepas sundulan. Sial bagi Persib, bola hasil tandukan Sergio melintas tipis di atas gawang.

Perseru hampir menyamakan kedudukan pada menit 25. Boman Bi Irie Aime dengan cerdik menanduk bola hasil dari sepak pojok. Sial bagi Perseru, bola dengan mudah ditangkap kiper M Natshir.

Gol! Persib menggandakan keunggulan melalui Atep pada menit 32. Menerima umpan terobosan dari Robertino Pugliara, Atep lepas dari kawalan pemain belakang. Dengan tenang, Atep yang hanya berhadapan dengan kiper melepaskan bola yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang Perseru. 2-0 Persib unggul atas tim tamu.

Setelah unggul 2-0, Persib tampil semakin mendominasi. Beberapa serangan pun gencar dilakukan. Tapi tak ada gol tambahan yang tercipta.

Sedangkan Perseru hanya bisa mengandalkan serangan balik dalam laga itu. Meski mampu memberikan perlawanan, serangan yang ada mampu dihadang lini pertahanan yang dihuni duet Tony Sucipto dan Hariono. Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Usai turun minum, Persib tidak mengendurkan semangat menggempur pertahanan Perseru. Tapi peluang pertama di babak kedua lahir melalui tendangan bebas Febri Hariyadi pada menit 48. Sial bagi Persib, bola hasil sepakan Febri dengan mudah ditangkap kiper.

Gol! Persib memperlebar keunggulan menjadi 3-0 pada menit 59 melalui Sergio van Dijk. Menerima umpan di kotak penalti dari Robertino Pugliara, Sergio sukses mengelabui kiper Choirun Nasirin. Itu jadi gol kedua Sergio dalam pertandingan tersebut.

Menit 60, Sergio nyaris mencetak hattrick. Sayang, bola hasil tandukannya melebar ke kanan gawang Perseru. Seolah frustasi mengejar ketertinggalan gol, Perseru melakukan serangan balik cepat pada menit 62. Gamalia Brien Imbiri yang masuk sebagai pemain pengganti memaksakan melepas tendangan di luar kotak penalti. Hasilnya, bola melambung jauh dari sasaran.

Tapi upaya Perseru berbuah hasil pada menit 63. Boman Bi Irie Aime berhasil melepas sepakan di kotak penalti menyambut sepak pojok. Bola pun bersarang di gawang M Natshir. Skor berubah menjadi 3-1. 

Gol kedua Perseru tercipta pada menit 69. Adalah Osas Marvelous Saha yang secara mengejutkan melepas tendangan bebas yang meluncur tajam ke gawang. Kiper M Natshir pun tak berdaya menyaksikan gawangnya terkoyak untuk kedua kalinya. Skor menjadi 3-2 untuk keunggulan tuan rumah.

Setelah skor dipersempit Perseru, Persib berusaha kembali mengambilalih permainan. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Persib dengan mengandalkan kecepatan Atep dan Febri Hariyadi serta umpan terukur Robertino Pugliara dan Marcos Flores.

Upaya yang dilakukan Persib akhirnya membuahkan hasil. Marcos Flores mencetak gol perdananya untuk Persib pada menit 79. Umpan silang Febri Hariyadi disambut Atep di kotak penalti. Tapi bola hasil sepakan Atep mengenai pemain belakang Perseru.

Bola kemudian disambar Marcos yang langsung meluncur deras ke gawang Perseru. Gol itu disambut Marcos dengan emosional. Ia berlari ke pinggir lapangan dan mengacungkan telunjuk ke arah Bobotoh di tribun penonton. Hal itu seolah untuk membungkam kritik padanya selama ini karena dianggap bermain kurang istimewa.

Skor pun berubah menjadi 4-2 untuk keunggulan Persib. Sementara untuk mengamankan hasil akhir, pelatih Djadjang Nurdjaman menarik Robertino Pugliara digantikan Taufiq pada menit 80.

Tak cukup sampai disitu, Taufiq menambah gol Persib pada menit 87. Melalui skema tendangan bebas bersama Atep dan Tony Sucipto, Taufiq berhasil mengakhiri tendangan bebas dengan golnya. Skor berubah menjadi 5-2.

Menit 90, wasit menunjuk titik putih setelah Febri Hariyadi dijatuhkan di kotak penalti Perseru. Bobotoh pun bersorak meminta Hariono mengambil eksekusi penalti. Tony Sucipto yang sempat mengambol ancang-ancang pun memberikan kesempatan pada Hariono.

"Hariono, Hariono, Hariono," teriak Bobotoh serempak mengiringi Hariono. Gol! Bola pun bersarang mulus. Itu jadi gol perdana Hariono selama berkostum Persib. Seisi stadion pun bergemuruh menyambut gol dan meneriakan nama Hariono berkali-kali. Tak lama setelah gol Hariono, laga pun berakhir dengan skor 6-2.

Susunan pemain

Persib: M Natshir (GK), Tony Sucipto, Jajang Sukmara, Dias Angga (73' Diogo Ferreira), Hariono, Kim Kurniawan, Atep (C), Febri Hariyadi, Robertino Pugliara (80' Taufiq), Marcos Flores, Sergio van Dijk (65' Tantan)

Perseru: Choirun Nasirin (GK), Bilbig Dian Mahrus (C), Boas Atururi (88' Kalvin Wopi), Boman Bi Irie Aime, Detius Muni, Jhon Alex Wayoi (63' Mohamad Mari Siswanto), Petrus Towolom (52' Gamalia Brien Imbiri), Septianus Alua, Yesaya Desnam, Gakou Amadou, Ikpefua Osas Marvelous

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25