Persela Tertinggi, Bhayangkara FC Terendah Dalam Hal Penonton

Kukuh Setiawan

Rabu, 30 November 2016 - 02:27 wib

SURABAYA - Kompetisi ISC 2016 semakin mendekati akhir dan hanya menyisakan beberapa pertandingan saja. Setelah menuntaskan pekan ke-29, operator kompetisi merilis daftar kehadiran suporter atau penonton dalam pertandingan home tiap kontestan.

Melalui akun Twitter ISC, terpampang animo supporter yang dijabarkan dalam persentase kehadiran (occupancy rate) masing-masing tim sejak pekan pertama hingga pekan 29. Di daftar itu, dua urutan teratas ditempati Persib Bandung dan Sriwijaya FC.

Keduanya mencatat occupancy rate 66,70% dan 54,90%. Lalu bagaimana dengan tim-tim Jawa Timur (Jatim)? Agak mengejutkan karena Persela Lamongan yang prestasi timnya kurang bagus, justru berada di urutan tertinggi di antara tim Jatim lainya.

Dalam daftar tersebut Persela menempati urutan ketiga dengan occupancy rate 54,10% atau tertinggi dibanding tim Jatim mana pun. Tim jatim yang persentasenya di bawah Persela adalah Madura United dengan 39,10%.

Yang mengejutkan adalah Arema Cronus yang terkenal dengan supporter Aremania. Arema berada di peringkat ketiga di antara tim Jatim dengan occupancy rate 38,60% atau secara global berada di urutan 10 tingkat kehadiran suporter di stadion.

Sering mendapat jadwal bertanding malam hari ditengarai menjadi biang rendahnya angka kehadiran Aremania. Bahkan saat laga Arema Cronus menjamu PS TNI pekan lalu, hanya ada 2.851 penonton di Stadion Kanjuruhan yang berkapasitas 40.000 penonton.

Bahkan Pelatih Arema Milomir Seslija juga menyindir jadwal bertanding yang kelewat larut. "Tengah malam waktunya orang tidur, bukan bermain bola. Saya tetap mengapresiasi Aremania yang bersemangat datang ke stadion," ungkap Milo.

Sementara, tim yang menempati peringkat bawah persentase kehadiran penonton adalah Persegres Gresik United dengan 33,60%. Sedangkan Bhayangkara FC berada di urutan buncit dengan occupancy rate 13,2 0%.

Posisi Bhayangkara tersebut sangat wajar karena selama ini nyaris tak memiliki basis supporter dari kalangan sipil. Stadion Gelora Delta lebih banyak dihadiri supporter dari kalangan kepolisian yang jumlahnya juga tidak signifikan.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 31
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25