Ilustrasi

Persija Lirik Manahan Solo untuk Jadi Kandang Musim Depan

Agregasi Solopos

Selasa, 29 November 2016 - 12:07 wib

SOLO – Tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta dituntut untuk mencari markas dari sekarang, menjelang bergulirnya kompetisi sepak bola resmi Indonesia yang kemungkinan kembali diadakan tahun depan.

Setidaknya, hampir dua musim Indonesia tak ada kompetisi setelah pembekuan PSSI selaku federasi sepak bola tertinggi Tanah Air.

Tim asal ibu kota ini belum bisa menggunakan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta lantaran direnovasi besar-besaran untuk keperluan ajang Asian Games 2018 mendatang.

Di samping itu, Persija sempat mendapat hukuman berat setelah terjadi kericuhan suporter ketika melakoni ajang ISC 2016. Aksi berujung anarkis ini membuat fans fanatik mereka, The Jakmania, tak boleh hadir dalam pertandingan Persija.

Selama tak punya kandang, tim berjuluk Macan Kemayoran ini memilih menggunakan Stadion Manahan, Solo. Venue ini juga kembali masuk radar untuk home base Persija di kompetisi resmi musim depan. Faktor kedekatan dan kenyamanan membuat Persija mempertimbangkan untuk menetap di Solo.

“GBK jelas belum bisa digunakan untuk musim depan. Bisa jadi kami akan di sini ketika kompetisi bergulir musim depan. Sewa tempat untuk mes pemain dan berlatih serta main di Stadion Manahan,” kata Ketua Panpel Persija, Bobby Kusumohadi, seperti dikutip dari Solopos.com, Selasa (29/11/2016).

Sejak GBK dibongkar, skuat besutan Muhammad Zein Al Hadad ini mengungsi ke sejumlah tempat. Akan tetapi, Maman Abdul Rahman dkk paling sering singgah di Solo. Mereka sempat ke Madura dan Malang. Itu pun hanya menjalani satu kali pertandingan kandang.

Namun demikian, mereka hanya datang ke Solo jelang pertandingan. Sedangkan latihan rutin tetap digelar di Jakarta. Tak pelak, Solo digadang-gadang menjadi markas tetap Persija di musim depan. Salah satunya adalah karena hubungan baik yang terjalin antara insan sepak bola Jakarta dengan Solo.

“Meskipun begitu, ini masih harus kami kaji lebih lanjut. Kami butuh mendiskusikannya lebih jauh dengan manajemen,” jelas Bobby.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 52
    2 FC Barcelona 51
    3 Sevilla 49
    4 Athletic Madrid 45
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 56
    3 Napoli 54
    4 FC Internazionale Milano 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 45
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37