Eduard Tjong ingin perbaiki hasil tandang Persegres. (Foto: Oris Riswan/Okezone)

Edu Penasaran dengan Rekor Buruk Persegres di Laga Tandang

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Rabu, 19 Oktober 2016 - 23:02 wib

GRESIK -- Sudah mulai sering memenangkan pertandingan kandang, bukan berarti pencapaian Persegres Gresik United sudah memuaskan. Rekor pertandingan tandang yang masih buruk menyisakan rasa penasaran di tim berjuluk Laskar Jaka Samudera.

Pelatih Eduard Tjong mengatakan dengan gamblang dirinya masih kepikiran rekor tandang timnya yang belum menggembirakan. Selama putaran dua TSC 2016, Persegres selalu tumbang di kandang lawan, bahkan setelah berganti pelatih.

Sejak Edu mendarat di Gresik, dua kekalahan tandang telah menghampiri Persegres yakni kontra PS TNI dan Sriwijaya FC. Padahal di sisi lain dia sudah mempersembahkan kemenangan kandang di Stadion Petrokimia secara beruntun.

Tak heran jika laga akhir pekan nanti kontra Persib Bandung akan dimanfaatkan mengubah momentum itu. Edu mempersiapkan timnya secara detail agar tidak lagi mudah tersungkur seperti pertandingan-pertandingan tandang sebelumnya.

Edu kini tengah menata bentengnya agar tidak mudah dijebol Maung Bandung. Melihat persiapan yang dilakukan, tampaknya Persegres bakal lebih bertahan menghadapi Persib yang terkenal agresif dan memasang taktik ofensif.

"Sebagai tahap awal, saya persiapkan pertahanan dulu. Intinya kami harus solid di lini belakang agar tidak sampai kecolongan. Saya ingin kali ini Persegres mendapat poin di luar kandang, karena sebelumnya kami selalu kesulitan," urai Eduard Tjong.

Edu mengakui pihaknya tidak memiliki banyak pilihan strategi dan paling masuk akal adalah memperkuat pertahanan. Sebab untuk menghadapi tim sekelas Persib di kandangnya dengan permainan terbuka jelas akan jauh lebih berbahaya.

"Kami akan membuat Persib frustrasi. Tentunya juga sambil mencari kesempatan melakukan serangan balik. Persib tim bagus dan memiliki pemain-pemain hebat, jadi jauh lebih berisiko kalau kami bermain terbuka," demikian Edu.

Merekam kekalahan di laga kontra Sriwijaya FC lalu, eks pelatih Persela Lamongan ini mengatakan timnya harus bermain lebih tenang dan fokus. Jika pertahanan bisa seperti saat mengalahkan Arema Cronus, dia yakin ada peluang meredam Persib Bandung.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 31
    2 Liverpool 30
    3 Manchester City 30
    4 Arsenal FC 28
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 33
    2 FC Barcelona 27
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 24
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 33
    2 AS Roma 29
    3 AC Milan 29
    4 Lazio 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 30
    2 FC Bayern Munich 27
    3 Hertha BSC 24
    4 FC Koln 22