Howard Webb Akui Bersalah Menanggapi Tendangan Kungfu De Jong ke Alonso

Aditya Wahyutomo

Selasa, 18 Oktober 2016 - 23:00 wib

LONDON—Laga antara Belanda dan Spanyol di Final Piala Dunia 2010 memang sangat berkesan bagi publik Spanyol. Sebab, pada akhir laga, Spanyol akhirnya bisa keluar menjadi juara dunia sekaligus mengawinkan dengan gelar Piala Eropa 2008.

Namun pertandingan tersebut juga memiliki kenangan negatif oleh pemain Spanyol, Xabi Alonso. Bagaimana tidak, pada laga tersebut, ia mendapat tendangan kungfu dari Nigel De Jong yang tepat mengarah ke dadanya.

Pelanggaran tersebut sempat membuatnya terkapar di tengah lapangan. Bahkan, ia terlihat sempat kesulitan untuk bernapas. Beruntung, ia berhasil melanjutkan pertandingan dan bisa merayakan kemenangan dengan skuad Spanyol.

Rupanya kejadian tersebut juga menjadi kenangan untuk sang wasit pemimpin pertandingan, Howard Webb. Ia mengakui bahwa dirinya saat itu salah mengambil keputusan dengan hanya memberikan kartu kuning. Ia juga menyebut dirinya sangat tertekan dengan kesalahan tersebut.

“Mungkin keputusan saya terhadap tendangan kungfu Nige De Jong menjadi kesalahan yang selalu diingat oleh orang,” buka Webb dalam acara tanya jawab yang dilakukan BBC Sport, Selasa (18/10/2016).

“Tentu saja itu menjadi memori buruk karena terjadi di babak final. Awalnya saya tak melihat hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran yang pantas diganjar kartu merah. Namun setelah melihat tayangan ulang, saya yakin itu harusnya kartu merah,” tutup Webb.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 31
    2 Liverpool 30
    3 Manchester City 30
    4 Arsenal FC 28
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 33
    2 FC Barcelona 27
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 24
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 33
    2 AS Roma 29
    3 AC Milan 29
    4 Lazio 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 30
    2 FC Bayern Munich 27
    3 Hertha BSC 24
    4 FC Koln 22