(Foto: Ilustrasi Okezone)

Sundulan Thiago Berbuah Tiga Poin untuk Bhayangkara FC

Kukuh Setiawan

Selasa, 18 Oktober 2016 - 00:44 wib

SIDOARJO - Bhayangkara FC (BFC) susah payah untuk menundukkan Persiba Balikpapan dengan skor tipis 1-0 di Gelora Delta Sidoarjo, Senin 17 Oktober 2016. Memperoleh banyak peluang bagus, BFC hanya mampu mencetak satu gol lewat Thiago Furtuoso menit 83.

Tandukan Thiago memanfaatkan assist Indra Kahfi menghapus performa impresif kiper Persiba Yoewanto Stya Beny. Kiper ini sangat sulit ditembus dan menghalau setidaknya lima peluang bersih yang didapatkan tuan rumah BFC.

Dia menghalau tandukan Otavio Dutra dan sepakan keras Evan Dimas di babak pertama, serta mementahkan dua kali upaya Ilham Udin dan Fandi Eko di babak kedua. Paling mencolok adalah ketika dia sukses membaca dan menepis sepakan pinalti Otavio Dutra menit 61.

Dengan tambahan tiga angka, BFC menanjak ke posisi tiga klasemen sementara ISC 2016 dengan koleksi 42 angka. Sementara Persiba yang sebenarnya cukup menjanjikan di laga tersebut, masih tetap terpaku di papan tengah.

Kedua tim memperagakan permainan agresif sejak interval pertama dimulai. Baik BFC maupun Persiba sama-sama mengandalkan potensi di sayap untuk saling menyayat pertahanan lawannya. Namun selama setengah jam kedua kubu tak sampai membahayakan.

Peluang-peluang terbaik justru dibuka pada 15 menit akhir babak pertama. Dimulai sepakan setengah voli yang dilepaskan Evan Dimas ada menit 30' namun berhasil ditepis kiper Persiba. Empat menit kemudian Persiba memberi respons lewat Ade Kurniawan.

Pemain muda ini melewati dua bek yakni Otavio Dutra dan Indra Kahfi sebelum melepaskan sepakan keras yang tepat membentur kiper BFC. Tuan rumah menunjukkan kans lebih besar untuk unggil karena ancaman demi ancaman berhasil diperoleh.

Ilham Udin sempat lolos sendirian di bagian kanan pertahanan Persiba. Sayang tendangan kaki kirinya tak mengarah ke sasaran. Kemudian tandukan Fandi Eko Utomo mengarah ke gawang yang sudah ditinggal kiper Persiba, tapi masih bisa dihalau pemain belakang di garis gawang.

Hingga babak pertama usai, skor tetap imbang tanpa gol. Baik dari sisi penguasaan bola maupun kesempatan mencetak gol, tuan rumah sedikit lebih unggul. Hanya saja BFC harus super waspada terhadap serangan balik cepat Persiba Balikpapan.

Di fase kedua, BFC langsung menggempur pertahanan Persiba dan sempat membuka peluang melalui Ilham Udin dan Fandi Eko yang lagi-lagi menemui kegagalan. Kans terbaik mencetak gol datang pada menit 57 saat terjadi handsball di kotak enambelas Persiba.

Pemain Persiba sempat memprotes keputusan wasit dan laga sempat terhenti selama tiga menit. Tapi eksekusi pinalti tetap dilanjutkan menit 61 dan sepakan Otavio Dutra terbaca dengan baik oleh kiper Stya Beny.

Sementara Persiba sendiri hanya bisa membalas lewat satu-dua serangan yang juga mentah begitu saja. Kerjasama di lini depan tim Beruang Madu tampaknya tidak dalam mood terbaik, terlihat dari sering salah pengertian di antara mereka.

Ketangguhan kiper Stya Beny akhirnya ternoda oleh tandukan Thiago Furtuoso menit 83. Diawali umpan silang Otavio Dutra yang diterima Indra Kahfi, sodorannya ke depan gawang disambut kepala Thiago tanpa terbendung satu pemain pun. Gol ini sekaligus menjadi pembeda laga petang itu.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25