Share

Jelang Kongres PSSI, Ini Harapan Besar Bos Persib

Oris Riswan

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 08:44 wib

BANDUNG - Kongres PSSI akan digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar. Beberapa hari jelang Kongres, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengungkap harapan besarnya.

Ia berharap pasca Kongres ada perubahan dalam sepakbola nasional. Segalanya diharapkan lebih baik. Sehingga sepakbola nasional akan menuju ke arah kemajuan setelah sempat terpuruk dan disanksi oleh FIFA.

"Harapan saya, siapapun nanti yang pemimpin (PSSI) dan yang jadi Exco, harus bisa menunjang perubahan sepakbola kita," ujar Umuh di Stadion Persib, Kota Bandung, Jumat (14/10/2016).

Ia mengakui selama ini masih banyak kekurangan dalam sepakbola nasional dan kepengurusan PSSI. Tapi ia tidak memandang semuanya secara buruk. Sebab ada hal-hal positif yang harus diteruskan.

"Semua masa lalu yang buruk harus benar-benar dihilangkan dan jadi pelajaran. Yang bagusnya kita teruskan, yang jeleknya kita harus buang," jelasnya.

Salah satu yang harus diperbaiki adalah kompetisi. Ia menginginkan adanya wasit yang berkualitas dalam memimpin seluruh pertandingan.

Jangan sampai wasit justru merusak sportivitas dan keindahan sepakbola itu sendiri. Wasit harus jadi salah satu pihak yang ikut menunjang kemajuan sepakbola nasional. Salah satunya adalah saat bertugas harus bersikap adil.

"Selain wasit, jadwal pertandingan juga harus diperbaiki. Jangan terlalu mepet jaraknya, empat-lima hari harus main lagi. Itu masalah klasik dari dulu," ungkapnya.

Idealnya, minimal ada jeda lima hari dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Sehingga tim punya masa istirahat dan persiapan yang cukup untuk menampilkan performa terbaiknya dalam pertandingan.

Sementara demi menghadiri Kongres PSSI, Umuh memilih absen saat Persib dijamu Mitra Kukar pada Minggu (16/10/2016). Ia hanya melepas rombongan yang bertolak ke Kalimantan Timur tadi pagi di Stadion Persib.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62