Persib Inginkan Kompetisi Kembali Dua Wilayah

Oris Riswan

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 08:38 wib

BANDUNG - Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengungkap keinginannya agar kompetisi musim depan kembali menjadi dua wilayah. Ia berharap hal itu dibahas dalam Kongres PSSI yang akan digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar.

"Saya lebih condong kompetisi kembali menjadi dua wilayah," kata Umuh di Stadion Persib, Kota Bandung, Jumat (14/10/2016).

Alasannya, beban finansial untuk mengarungi kompetisi dengan sistem kompetisi penuh dirasa cukup berat. Sebab klub peserta kompetisi akan bertemu dengan seluruh tim dalam laga kandang dan tandang.

Yang jadi persoalan, jarak antara satu wilayah ke wilayah lain berbeda. Ada yang berjarak cukup dekat, ada juga yang sangat jauh.

Selalin menjadi beban finansial, pemain pun sering dilanda kelelahan akibat jauhnya perjalanan. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah ketika tim dari kawasan barat melakoni laga tandang melawan tim Indonesia bagian timur seperti Persipura Jayapura dan Perseru Serui, begitu juga sebaliknya.

"Kalau dua wilayah tidak terlalu berat, terutama masalah biaya. Stamina pemain juga bisa lebih terjaga," ungkap Umuh.

Jika stamina pemain tidak terkuras karena perjalanan jauh, ia yakin kompetisi akan lebih menarik. Sebab pemain berada dalam kondisi fisik yang ideal mengingat perjalanan yang ditempuh tidak terlalu jauh.

Tapi ia akan menyerahkan sepenuhnya kepada forum di Kongres PSSI soal keputusan apakah kompetisi akan kembali menjadi dua wilayah atau tetap satu wilayah.

"Nanti kita bicarakan (di Kongres) apakah memungkinkan atau tidak kembali ke dua wilayah," ucap Umuh.

Selain itu, ia juga menginginkan adanya jadwal pertandingan yang ideal. Jangan lagi ada jadwal pertandingan super padat, misalnya tiga pertandingan dalam kurun satu minggu.

Jadwal pertandingan di kompetisi juga harus disesuaikan dengan agenda pertandingan internasional yang melibatkan tim nasional maupun level klub. Harapannya agar klub tak lagi diganggu konsentrasinya dengan adanya pemanggilan pemainnya untuk memperkuat timnas.

"Harus ada penyesuaian dengan pertandingan internasional. Itu benar-benar harus orang jenis yang bisa memikirkan dan menghitung itu (menyusun jadwal pertandingan). Karena sampai sekarang begitu, jadwal pertandingan amburadul," tandas Umuh.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25