Mental Persela mulai membaik usai kalahkan Bali United. (Foto: ANTARA/Umarul Faruq)

Mental Persela Membaik Pasca-Tundukkan Bali United

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 04:05 wib

LAMONGAN -- Usai mereguk kemenangan besar, Persela Lamongan kini berharap ada efek positif pada pertandingan berikutnya. Pelatih Persela Aji Santoso yakin mental timnya akan membaik dengan kemenangan 3-0 atas Bali United pada Kamis 13 Oktober 2016.

Sisi positif lainnya adalah Laskar Joko Tingkir berhasil mencatat dua kali clean sheet alias tidak kebobolan. Walau pada laga kontra Bali United mengganti memakai kiper kedua Dwi Kuswanto, pertahanan Persela sudah melakukan tugasnya dengan benar.

"Alhamdulillah perubahan yang kami lakukan bisa mendatangkan hasil positif. Tapi jelas saya belum puas jika belum melihat konsistensi tim Persela. Sekarang mental pemain sudah membaik dan saya berharap ada progres lagi ke depannya," papar Aji.

Dia mengingatkan pemain agar tidak terlena dengan kemenangan itu, artinya waspada penuh agar performa tidak lagi fluktuatif. Debab jika mereview pertandingan Persela sebelumnya, tim cenderung masih labil dalam mempertahankan performa.

Selain itu, tugas yang jauh lebih berat juga telah menunggu tim biru langit. Pekan depan Dendi Sulistyawan dkk akan berburu poin ke kandang Perseru Serui. Sedangkan Stadion Marora, Serui, selama ini dikenal sangat angker bagi tamunya.

Tim-tim berpengalaman terbukti pernah terbenam di sana, catat saja Persipura Jayapura, Persib Bandung, hingga Semen Padang. Walau Persela pernah mengalahkan Perseru 2-0 di Stadion Surajaya lalu, itu bukan garansi bakal terulang.

Mendapat satu poin sudah bagus bagi tim-tim yang datang ke Stadion Marora. Karena itulah Aji Santoso masih berpikir keras untuk menyiapkan taktik terbaik menghadapi kerasnya pertandingan pekan depan.

"Stabilitas tim ini jelas akan diuji saat melawan Perseru Serui. Sulit untuk mendapatkan poin di sana, tetapi kami harus tetap yakin. Dengan persiapan yang bagus dan strategi yang tepat, masih ada peluang untuk mendapat angka," begitu keyakinan Aji.

Persela Lamongan kini sementara tidak lagi berstatus juru kunci dengan tambahan tiga angka saat mengalahkan Bali United. Menanjak ke posisi 16 klasemen sementara, Persela tentunya berharap mereka tidak melorot lagi.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 52
    2 FC Barcelona 51
    3 Sevilla 49
    4 Athletic Madrid 45
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 56
    3 Napoli 54
    4 FC Internazionale Milano 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 45
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37