Edin Dzeko berhasil mencetak dua gol kala menghadapi tuan rumah Napoli. (Foto :Max Rossi/Reuters)

Bertandang ke Stadion San Paolo, Roma Permalukan Napoli 3-1

Tatang Adhiwidharta

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 22:16 wib

NAPLES – Giornata kedelapan Serie A 2016-2017 mempertemukan tuan rumah Napoli melawan AS Roma, Sabtu (15/10/2016) malam WIB. Tim tuan rumah harus mengakui keperkasaan Serigala Ibu Kota –julukan Roma- dengan skor 3-1.

Edin Dzeko menjadi bintang di laga tersebut lewat dua golnya pada menit ke 43 dan 54. Anak asuh Luciano Spalletti kemudian sukses mencuri gol di menit 86 lewat Mohamed Salah. Sementara Napoli hanya mampu melesakkan sebiji gol ke gawang tamunya lewat Kalidou Koulibaly (58).

Atas kemenangan ini, Roma mengoleksi 16 poin dan duduk di posisi kedua klasemen Serie A musim ini. Bagi Napoli, ini merupakan kekalahan yang menyakitkan, sebab posisi mereka digeser Giallorossi.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada babak pertama anak asuh Maurizio Sarri tampil menekan sejak menit awal. Tembakan pertama Napoli terlahir dari Lorenzo Insigne lewat tendangan bebas, sayang bolanya masih melebar dari gawang Wojciech Szczesny.

Masuk pada menit ke-15 Napoli tetap menguasai jalannya pertandingan, terbukti aliran bola 54 persen milik tuan rumah. Sementara itu, anak asuh dari Luciano Spalleti hanya memegang 46 persen.

Kendati demikian, Daniele De Rossi dkk mampu bermain efektif dengan melepaskan tiga kali tendangan ke gawang Pepe Reina. Usaha Serigala Ibu Kota terbayar setelah pemain belakang Napoli, Kalidou Koulibaly melakukan blunder di area pertahanan. Mohamed Salah merebut bola kemudian melakukan passing ke Edin Dzeko. 0-1 untuk keunggulan Roma di menit ke-43.

Jelang turun minum, skor tak berubah untuk keunggulan Roma. Pada akhirnya Daniele Orsato selaku pengadil lapangan meniupkan tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

AS Roma mengawali serangan lewat aksi Radja Nainggolan. Sayangnya tembakan pemain berdarah Indonesia tersebut mampu diblok pemain belakang Napoli. Tak butuh waktu lama, delapan menit kemudian Giallorossi berhasil menambah keunggulan lewat Dzeko. Penyerang berkebangsaan Bosnia dan Harzegovina tersebut memanfaatkan umpan lambung dari Alessandro Florenzi, 2-0 untuk sang tamu.

Tertinggal dua gol, Napoli menaikkan agresivitas serangan mereka. Hasilnya pada menit 58, tandukan dari Koulibaly sukses menjebol gawang Szczesny untuk memperkecil ketertinggalan. Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut memanfaatkan sepak pojok dari Faouzi Ghoulam, kedudukan 2-1 untuk keunggulan Roma.

Kali ini Roma mampu bermain disiplin dalam menggempur serangan Partenopei. Pada menit krusial yakni 86, De Rossi melepaskan umpan terobosan ke Muhamed Salah, lantas penyerang asal Mesir itu berhasil menambah keunggulan timnya dengan skor 3-1.

Hingga jelang akhir laga, Napoli tak bisa menambahkan gol. Alhasil, mereka harus takluk dari sang rival dengak skor 3-1.   

Susunan Pemain:

Napoli: Reina, Hysaj, Maksimovic, Koulibaly, Ghoulam, Allan, Jorginho, Hamsik, Collejon, Gabbiadini, Insigne.

AS Roma: Szczesny, Juan, Fazio, Manolas, Florenzi, De Rossi, Paredes, Perotti, Naiggolan, Salah, Dzeko.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25