Febri Haryadi (Foto: Persib.co.id)

Bos Persib Jamin Febri Hariyadi Tak Turun Kelas

Oris Riswan

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 13:33 wib

BANDUNG - Febri Hariyadi menjadi perhatian tersendiri. Secara mengejutkan, ia kembali menjadi bagian dari skuad utama Persib Bandung saat menjamu Bhayangkara FC.

Pemain berposisi winger itu pun diturunkan sebagai pemain pengganti di babak kedua. Penampilan impresifnya berbuah manis. Ia berperan penting dalam upaya Persib meraih kemenangan 2-1 atas Bhayangkara FC.

Febri sebenarnya merupakan pemain binaan Persib. Ia dipromosikan naik ke tim senior karena kemampuannya tergolong istimewa.

Pemilik nomor punggung 19 itu memiliki kemampuan dribble yang baik, kecepatan tinggi, pemilik umpan terukur, hingga naluri mencetak gol. Tapi kurangnya kesempatan bermain membuat Febri terpaksa turun kelas ke Persib U-21. Ia juga jadi bagian tim sepakbola Jawa Barat yang berlaga di PON XIX/2016 dan menjadi juara.

Febri pun mampu menjawab kepercayaan pelatih Djadjang Nurdjaman. Diberi kesempatan bermain, ia langsung berkontribusi terhadap tim.

Setelah melihat penampilan Febri, manajemen langsung mengambil keputusan. Febri tidak akan kembali turun kelas ke Persib U-21. Ia akan dipermanenkan di tim utama.

"Febri saya sudah instruksikan ke Djadjang untuk diambil. Dia sudah bisa membuktikan kemampuannya waktu di PON. Sudah saatnya dia kita ambil (ke tim senior)," kata Manajer Umuh Muchtar di Stadion Persib, Kota Bandung, Jumat (14/10/2016).

Ia mengakui Febri punya kelas tersendiri. Kemampuannya mampu disejajarkan dengan para winger yang ada di skuad 'Maung Bandung'.

"Dia sudah kelasnya (layak main di tim senior), dia bisa menghindari banyak pemain, bisa ngambil keputusan baik di lapangan," ucapnya.

Sementara berbeda dengan Febri, dua pemain muda lain yaitu Gian Zola dan Jujun Saepuloh justru harus rela tetap bertahan di Persib U-21. Sebelum turun kelas, Zola dan Jujun juga sempat mencicipi bergabung dengan tim senior. Usia muda dan kurangnya pengalaman membuat mereka terpaksa harus menambah jam terbangnya di tim junior.

"Saya rasa dia akan tetap dipertahankan di senior. Kalau Zola sama Jujun di junior dulu," tandas Umuh.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 52
    2 FC Barcelona 51
    3 Sevilla 49
    4 Athletic Madrid 45
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 56
    3 Napoli 54
    4 FC Internazionale Milano 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 45
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37