Lawan Bhayangkara FC, Duel Paling Menegangkan bagi Djanur

Oris Riswan

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 06:04 wib

BANDUNG - Ada sesuatu yang berbeda dalam permainan Persib Bandung saat mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 2-1 dalam laga yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Rabu (12/10/2016). 'Maung Bandung' tampil penuh semangat dan determinasi sepanjang 90 menit laga.

Performa itu menuai pujian banyak Bobotoh. Sebab Hariono dan kawan-kawan terlihat bermain penuh totalitas demi meraih kemenangan atas Bhayangkara FC.

Pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman pun membongkar rahasia yang membuat timnya tampil dengan semangat ganda. Salah satunya adalah peringkat Persib saat ini di klasemen sementara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 .

"Banyak yang saya sampaikan ke pemain karena situasi kita saat ini sedang tidak bagus dan pemain memberikan respon (di lapangan)," kata Djanur di Stadion Persib, Kota Bandung, Kamis (13/10/2016).

Duel kontra Bhayangkara FC sendiri berlangsung sengit meski Persib tampil dominan dalam penguasaan bola. Sebab permainan berjalan dengan tempo tinggi selama 90 menit.

Apalagi mental pemain Persib juga diuji setelah sempat tertinggal 0-1 melaui gol yang diciptakan eks pemain timnas U-19 Ilhamudin. Tapi Zulham Zamrun dan Vladimir Vujovic mampu menciptakan gol yang membuat Persib menuntaskan laga dengan kemenangan.

Setelah comeback menjadi juru taktik Persib, laga melawan Bhayangkara FC diakui Djanur sebagai salah satu pertandingan terbaiknya. Itu juga jadi laga paling menegangkan.

"Keadaan kita seperti ini dan pemain punya harga diri yang dipertaruhkan dalam pertandingan itu. Kemarin pertandingan kita yang dijalani pemain dengan semangat tinggi dan paling menegangkan buat saya," jelas Djanur.

Tidak hanya itu, dari segi permainan, timnya juga tampil lebih baik dibanding laga-laga sebelumnya. Hal itu membuatnya bernapas lega.

"Dari sisi penampilan, dua pertandingan terakhir kita bermain cukup bagus, ada progres. Ditambah lagi plus-nya yang membuat saya senang adalah apa yang saya rancang sesuai harapan," ucap Djanur.

Kondisi itu berbeda ketika Persib dijamu Madura United pada akhir pekan lalu. Apa yang dirancangnya tidak berjalan baik. Bahkan pergantian pemain pun tidak mampu membuat timnya menumbangkan Madura United.

Sedangkan saat menjamu Bhayangkara FC, strategi yang sudah disusun bisa dijalankan pemain. Bahkan pergantian pemain berbuah positif dan menghasilkan kemenangan.

Meski begitu, Djanur ogah terlalu larut dalam kegembiraan. Ia mengaku harus terus melakukan pembenahan agar performa timnya mengalami peningkatan. Sebab masih banyak laga yang harus dijalani dan jadi penentu posisi Persib di akhir klasemen.

Pembenahan pun akan dilakukan di berbagai sektor. Tapi ia memiliki catatan khusus di sektor penyerangan yang masih belum produktif.

"Yang pasti, tetap masih di depan (yang harus diperbaiki), kita masih kurang variasi, kurang pintar, kurang tenang," tandas Djanur.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25