Arema berada dalam tekanan saat jamu PSM Makassar. (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Hadapi PSM Makassar, Arema Cronus dalam Tekanan

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 04:01 wib

MALANG -- Pertandingan antara Arema Cronus kontra PSM Makassar, Jumat (14/10/2016), di Stadion Gajayana, menghadirkan pressure atau tekanan tersendiri bagi salah satu pihak. Tapi bukan tim tamu PSM yang berada dalam tekanan, namun justru tuan rumah Arema Cronus.

Arema tengah dalam tekanan setelah belakangan ini sulit mendapatkan kemenangan. Hasil imbang lawan Mitra Kukar yang berlanjut kekalahan di kandang Persegres Gresik United, membuat tim berjuluk Singo Edan harus memberi bukti pada pertandingan nanti.

Kegelisahan Aremania dengan menurunnya grafik Arema, bisa menjadi beban tersendiri bagi pemain. Pelatih Arema Cronus Milomir Seslija ingin tekanan tersebut diterjemahkan dengan baik oleh pemain, sehingga menjadi sebuah motivasi besar untuk menang.

"Saya rasa keinginan Aremania agar tim kembali meraih kemenangan akan menjadi motivasi tersendiri bagi tim. Saya berupaya memotivasi pemain agar itu tidak sampai menjadi beban. Pemain justru harus terlecut dengan keberadaan Aremania di stadion," ungkap Milo.

Milo boleh saja melontarkan motivasi, tetapi belakangan motivasi belaka tidak cukup untuk menghadirkan tiga angka. Singo Edan membutuhkan perubahan, terutama dalam mengurai masalah ketajaman yang akhir-akhir ini meredup. Hanya sebiji gol dalam tiga laga bukan angka yang menjanjikan.

Cristian Gonzales tak lagi mudah mencetak gol, demikian pula penampilan winger yang pergerakannya mudah ditebak lawan. Kini Aremania menunggu kiprah Dendi Santoso yang pulih dari cedera panjang. Tapi berharap dia langsung impresif juga belum bisa karena terlalu lama absen.

Ditimpa lagi masalah Marcio Teruel dan Syaiful Indra Cahya yang cedera, serta Okto Maniani dan Goran Gancev terkena akumulasi kartu kuning, membuat kembalinya kiper nomor satu Kurnia Meiga serasa hambar. Menghadapi komplikasi seperti ini, tak heran Arema hanya bermodal motivasi. "PSM tim yang stabil belakangan ini. Tapi saya optimistis bisa mengatasinya," yakin Milo.

Sementara, tim tamu dalam kondisi mental yang mapan setelah mereguk kemenangan besar 4-0 kontra PSM Makassar. Rekor tak pernah lagi merasakan kekalahan dalam 10 laga terakhir juga menjadi bekal mentereng bagi tkm berjuluk Juku Eja.

Meski timnya datang dengan catatan bagus, Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts menyebut Arema Cronus tim yang akan memberikan tekanan serius pada timnya. Untuk itu dirinya meminta pemain untuk disiplin dan tak melakukan kesalahan serius.

"Menghadapi tim seperti Arema, kami tidak boleh melakukan kesalahan mendasar. Arema tetap tim yang solid walau belakangan kurang beruntung. Saya ingin PSM datang dan mendapat poin, tentunya terlebih dulu bermain disiplin," ujar Robert.

Pelatih kelahiran Belanda ini mengakui ada sisi emosional ketika dirinya menginjakkan kaki di Kota Malang. Robert pernah mencatat kenangan manis di kota ini, yakni ketika membawa Arema Indonesia menjadi kampiun ISL musim 2009-2010 silam.

"Saya akan menikmati kota ini dan pertangan nanti. Saya punya keterikatan emosional dengan Malang. Tapi saya sekarang sudah menjadi pelatih PSM dan ingin tim saya tidak kalah. Siapa paling fokus dan efektif, saya rasa akan mengambil keuntungan," begitu Robert.

Arema Cronus:

Kurnia Meiga (gk), Benny Wahyudi, Hamka Hamzah, Ryuji Utomo, Johan Alfarizie; Raphael Maitimo, Nick Kalmar, Esteban Vizcarra; Arif Suyono, Cristian Gonzales, Dendi Santoso.

PSM Makassar:

Deny Marsel (gk); Kwon Jun, Wasyiat Hasbullah, Rizky Pellu, Syamsul Chaeruddin, Rasyid Bakri, Hisyam Tolle, Willem Jan Pluim, Zulvin Zamrun, M Rahmat, Titus Bonai.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25