Persela sukses bungkam Bali United. (Foto: ANTARA/Risal Hidayat)

Kalahkan Bali United, Persela Akhiri Paceklik Kemenangan

Kukuh Setiawan (Koran Sindo)

Kamis, 13 Oktober 2016 - 22:41 wib

SIDOARJO -- Persela Lamongan akhirnya mengakhiri paceklik kemenangan dalam lima pertandingan TSC 2016. Menjamu Bali United di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (13/10) malam WIB, Persela mengemas kemenangan meyakinkan 3-0.

Ini adalah raihan tiga angka pertama Persela di putaran kedua, karena terakhir mereka menang adalah ketika bersua Mitra Kukar di akhir putaran pertama. Striker Ivan Carlos membuka keunggulan tuan rumah pada menit 24' lewat tendangan keras jarak dekat.

Menit 36' pemain asing Persela lainnya yakni Hedipo Gustavo menggandakan keunggulan memanfaatkan kemelut di depan gawang Bali United. Di pengujung babak kedua, gol Saddil Ramdani secara resmi mengakhiri perlawanan Bali United.

Sebenarnya Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, berkesempatan menambah gol karena sempat mendapat hadiah penalti pada menit 34'. Pemain belakang Bali United Alsan Putra melakukan pelanggaran terhadap Ivan Carlos.

Sayang Hedipo Gustavo tidak sukses saat dipercaya menjadi eksekutor. Melihat permainan secara umum sepanjang laga, Persela Lamongan memang lebih memiliki potensi untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan meyakinkan.

Penampilan anak-anak Kota Soto sangat berbeda dengan pekan lalu ketika ditahan Semen Padang. Tiga gol yang berhasil disarangkan membuktikan pelatih Aji Santoso berhasil memperbaiki naluri mencetak gol timnya.

Formasi Persela yang sebelumnya memakai dua striker, kini sedikit berubah dengan tiga penyerang, yakni Dendi Sulistyawan, Ivan Carlos dan Saddil Ramdani. Formasi ini terlihat lebih menggigit dan menjanjikan karena intensitas serangan lebih besar.

Ini merupakan kemenangan terbesar Persela sepanjang TSC 2016. Kemenangan besar sebelumnya adalah 4-2 kontra Barito Putera pada 27 Juni 2016 lalu. Striker Ivan Carlos yang sebelumnya sempat menjadi sorotan, berubah menakutkan di laga malam itu. Dia menjadi ancaman serius bagi lini belakang Serdadu Tridatu.

Bali United sendiri sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi ke pertahanan Persela. Sayangnya kerjasama di lini depan sekaligus cara bertahan mereka masih sangat buruk dan itu pantas menjadi evaluasi penting pelatih Indra Sjafri.

Dengan kemenangan ini, Persela Lamongan sementara merangsek ke posisi 16 dengan koleksi 20 poin, melewati posisi Barito Putera dan PS TNI. Kendati demikian, posisi Persela belum aman karena kesenjangan angka di papan bawah klasemen masih sangat rapat.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 31
    2 Liverpool 30
    3 Manchester City 30
    4 Arsenal FC 28
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 33
    2 FC Barcelona 27
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 24
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 33
    2 AS Roma 29
    3 AC Milan 29
    4 Lazio 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 30
    2 FC Bayern Munich 27
    3 Hertha BSC 24
    4 FC Koln 22