Aji Santoso Yakin Persela Kalahkan Bali United

Kukuh Setiawan

Kamis, 13 Oktober 2016 - 05:47 wib

SIDOARJO--Persela Lamongan dibayangi mandulnya lini depan saat menghadapi Bali United di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (13/10) sore. Tak mampu menceploskan bola ke gawang lawan dalam dua laga beruntun menjadi masalah terbesar Persela saat ini.

Sejak ditangani Aji Santoso, hanya satu gol yang dicetak Persela dalam tiga laga yakni saat ditahan Persija Jakarta 1-1. Dalam dua laga berikutnya, penyerang-penyerang Laskar Joko Tingkir tak mampu mendulang gol ketika menghadapi Persipura Jayapura dan Semen Padang.

Konsentrasi pun kini terfokus pada naluri mencetak gol ke gawang Bali United. Jika naluri tersebut sudah berjalan sesuai keinginan, Aji Santoso yakin timnya akan mengalami perbaikan. "Mencetak gol menjadi tugas besar bagi Persela," ungkap Aji Santoso, Rabu (12/10).

"Dalam latihan saya sudah memberikan porsi khusus untuk para penyerang terkait penyelesaian akhir. Saya sangat berharap latihan yang dilakukan nantinya bisa diterapkan pemain saat melawan Bali United. Jika produktivitas ada peningkatan, saya yakin bisa menang," jelas Aji.

Aji bakal tetap menyiapkan duet Dendi Sulistyawan dan Ivan Carlos untuk laga nanti. Walau mengeluh timnya tak mempunyai penyerang bertipikal 'goal getter', tapi Aji tidak memiliki pilihan lain lagi karena dua nama tersebut tetap aset terbaik Persela di lini depan.

Belum ada indikasi Aji akan mengubah skema atau formasi tim di Gelora Delta nanti. Melihat kinerja tim saat menghadapi Semen Padang yang dinilai sudah ada peningkatan, kemungkinan tidak ada perubahan strategi secara mendasar.

"Kami tetap harus mengoptimalkan pemain yang ada agar terus meningkat. Terutama penyerang, wajib berupaya keras untuk lebih baik lagi. Bali United punya kekuatan yang sering mengejutkan, jadi kami harus bermain dengan level terbaik," papar Aji Santoso.

Dari kubu Bali United, Pelatih Indra Sjafri dihadapkan pada catatan buruk timnya yang kalah beruntun di dua laga terakhir. Problem Bali United adalah pertahanan yang mengalami kebocoran lima gol dalam dia pertandingan lawan Persiba Balikpapan dan Semen Padang.

Indra menginginkan lini belakangan tidak lagi teledor, terutama dalam menghadapi serangan balik cepat lawan. Kendati dibayangi dia kekalahan sebelumnya, eks pelatih Tim Nasional U-19 ini optimistis ada progres menggembirakan saat bermain di Gelora Delta Sidoarjo.

"Kami tidak boleh terpengaruh dengan kekalahan di pertandingan sebelumnya. Saya ingin tim menatap ke depan dan memiliki keyakinan bisa mengubah keadaan. Saya rasa ada peluang untuk mendapatkan angka menghadapi Persela Lamongan," cetus Inda Sjafri.

Indra menghadapi situasi keluar-masuknya pemain pada pekan ini. Pemain yang sudah bisa memperkuat Serdadu Tridatu adalah Gede Sukadana yang terbebas dari akumulasi kartu kuning dan Abdul Rahman yang kembali dari tugasnya di Tim Nasional.

Namun Indra Sjafri akan kehilangan Hasim Kipuw yang terkena kartu merah saat lawan Persiba Balikpapan, serta I Made Wirahadi yang terkena akumulasi kartu kuning. Indra mengklaim sudah mengantisipasi absennya Kipuw dan Wirahadi. "Soal komposisi tim saya rasa bukan persoalan serius," katanya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25